OCTAVIANA, SHINTA (2024) “IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL’ALAMIN DI MTs N SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024”. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTA OCTAVIANA FIXXXXXX.pdf Download (5MB) |
Abstract
Octaviana, Shinta. 2024. Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil’alamin di MTs N Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing Badrus Zaman, M.Pd.I. Kata kunci: Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Profil Pelajar Rahmatan lil’alamin, Kurikulum Merdeka Profil Pelajar Pancasila merupakan kerangka nilai-nilai luhur Pancasila yang wajib diteladani oleh setiap pelajar Indonesia. Sementara itu, Profil Pelajar Rahmatan lil’alamin menekankan pada pembentukan kepribadian pelajar yang sesuai dengan ajaran Islam sebagai rahmat bagi seluruh alam. Tujuannya adalah memastikan setiap siswa tidak hanya menguasai pengetahuan dan keterampilan akademik, tetapi juga memiliki karakter, sikap, dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila dan ajaran Islam sebagai Rahmatan lil’alamin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi, faktor penghambat dan pendukung, beserta solusi projek profil pelajar Pancasila dan profil Rahmatan lil’alamin di MTs N Semarang tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang berfokus mendeskripsikan gambaran dilapangan bagaimana sesuai dengan rumusan masalah yang sudah dipaparkan. Jika dilihat melalui sudut kemampuan serta kemungkinan dalam penelitian dapat menyediakan sebuah informasi dan penjelasan yang lebih mendalam. Lokasi penelitian ini yaitu di MTsN Semarang. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan dan verifikasi langkah. Triangulasi pada penelitian ini menggunakan sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil’alamin di MTs N Semarang pada tahun ajaran 2023/2024 dilaksanakan melalui tiga tema utama: kearifan lokal, demokrasi Pancasila, dan kewirausahaan. Projek ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai luhur seperti beriman, bertakwa, berakhlak mulia, gotong royong, kreatif, mandiri, berkeberagaman global, bernalar kritis, musyawarah, toleransi, dan kesetaraan. 2. Faktor pendukungnya adalah keterlibatan stakeholder, peran guru dan wali kelas, motivasi peserta didik, serta pembiasaan rutin, spontan, dan terprogram. Sementara itu, faktor penghambatnya adalah kurangnya kedisiplinan peserta didik, terbatasnya dana dan fasilitas, serta perbedaan karakteristik peserta didik. 3. Solusi yang dapat diterapkan adalah memberikan pemahaman tentang disiplin, meminimalisir keterbatasan dana, serta melibatkan peserta didik dalam pemilihan tema projek.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 16:50 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 16:50 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21801 |
Actions (login required)
View Item |