Oktafiana, Dewi Arti (2024) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING BERBASIS Q.S AL-ALAQ AYAT 1-5 DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS VIII K DI MTs N SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI DEWI ARTI OKTAFIANA_23080200023_BIMBINGAN DAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI DEWI ARTI OKTAFIANA_23080200023_BIMBINGAN DAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI DEWI ARTI OKTAFIANA_23080200023_BIMBINGAN DAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI DEWI ARTI OKTAFIANA_23080200023_BIMBINGAN DAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI DEWI ARTI OKTAFIANA_23080200023_BIMBINGAN DAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI DEWI ARTI OKTAFIANA_23080200023_BIMBINGAN DAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan minat baca siswa kelas VIII K sebelum dan sesudah diberi bimbingan kelompok dengan teknik modelling di MTs N Semarang; 2) Untuk mengetahui efektifitas bimbingan kelompok dengan teknik modelling untuk meningkatkan minat baca siswa kelas VIII K di MTs N Semarang. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif Pre-Experimental dengan bentuk One-Grub Pretest-Postest design. Pengumpulan data menggunakan skala psikologis yang ditujukan pada populasi yaitu 30 siswa MTs N Semarang yang minat dalam membacanya rendah dan sampel sebanyak 11 siswa dengan kategori rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Setelah dilakukannya pretest, diperoleh hasil yang menunjukan bahwa terdapat lima siswa atau 16,67% minat baca dengan kategori tinggi, sembilan siswa atau 30,00% yang memiliki minat baca dengan kategori sedang, lima siswa atau 16,67% minat baca kategori cukup, sebelas siswa atau 36,67% minat baca dengan kategori rendah. Terdapat 11 siswa dengan kategori minat baca rendah. 2) Setelah dilakukannya treatment, hasil posttest meningkat yaitu sepuluh anak atau 90,91% dengan kategori membaca tinggi, dan satu anak atau 9,09% dengan kategori membaca sedang. 3) Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji paired simple t-test dengan perolehan nilai t 19.852 dan nilai signifikan (2-Tailed) untuk pretest posttest yaitu 0,000 < 0,05 maka Ho : ditolak dan Ha : diterima artinya terdapat pengaruh antara masing-masing aspek dari hasil pretest dan posttest. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modelling Berbasis Q.S Al-Alaq ayat 1-5 efektiv terhadap meningkatkan minat baca pada siswa kelas VIII K di MTs N Semarang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 18:20 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 18:20 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21806 |
Actions (login required)
View Item |