Mahsunah, Rizkiya Shofi'atul (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKSPONEN KELAS X SMA NEGERI 2 SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Skripsi_compressed.pdf Download (4MB) |
|
Text
Skripsi_compressed.pdf Download (4MB) |
|
Text
Skripsi_compressed.pdf Download (4MB) |
|
Text
Skripsi_compressed.pdf Download (4MB) |
|
Text
Skripsi_compressed.pdf Download (4MB) |
|
Text
Skripsi_compressed.pdf Download (4MB) |
|
Text
Skripsi_compressed.pdf Download (4MB) |
|
Text
Skripsi_compressed.pdf Download (4MB) |
|
Text
Skripsi_compressed.pdf Download (4MB) |
|
Text
Skripsi_compressed.pdf Download (4MB) |
|
Text
Skripsi_compressed.pdf Download (4MB) |
|
Text
Skripsi_compressed.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Mahsunah, Rizkiya Shofi’atul. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Kahoot Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Eksponen Kelas X SMA Negeri 2 Salatiga. Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing : Saiful Marom, M.Sc. Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar, Eksponen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Kahoot terhadap hasil belajar siswa pada materi eksponen di kelas X SMA Negeri 2 Salatiga. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experiment) yang melibatkan dua kelompok, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menerapkan model pembelejaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Kahoot, sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pretest dan posttest, yang bertujuan untuk mengukur peningkatan pemahaman siswa terhadap materi eksponen. Data dianalisis menggunakan uji statistik, termasuk uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test, dan uji n-gain score untuk mengetahui perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Kahoot lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan model Discovery Learning. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan signifikansi nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol, yaitu 83,09 > 68,24. Hasil uji independent sample T-test menunjukkan nilai signifikansi (sig) sebesar 0,000, yang mengindikasikan adanya perbedaan rata-rata yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji N-Gain Score menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan Problem Based Learning berbantuan Kahoot dengan kategori kenaikan hasil belajar sedang yaitu 0,6508. Sementara itu, rata-rata N-Gain Score untuk kelas kontrol yang menggunakan Discovery Learning hanya sebesar 0,2845 yang masuk dalam kategori rendah. Dalam hal ini penelitian ini efektif terhhadap hasil belajar siswa dibuktikan dengan Independent Sample T-test, dengan kenaikan hasil belajar dalam kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 18:30 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 18:30 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21807 |
Actions (login required)
View Item |