Sari, Diana Wahyu Cipta (2024) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SD ISLAM AL-AZHAR 22 SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI DIANA WAHYU CIPTA SARI FIKSZ.pdf Download (3MB) |
|
Text
SKRIPSI DIANA WAHYU CIPTA SARI -23040200027.pdf Download (2MB) |
Abstract
Sari, Diana Wahyu Cipta. 2024. Penerapan Strategi Pembelajaran Team Quiz dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di SD Islam Al-Azhar 22 Salatiga. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga. Pembimbing: MS. Viktor Purhanudin, M.Pd. Kata Kunci: Strategi, Team Quiz, Keaktifan Siswa, IPAS Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pembelajaran team quiz dalam meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD Islam Al-Azhar 22 Salatiga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data dalam pelinitian ini meliputi sumber primer yakni guru kelas IV dan siswa kelasIV, dan sumber sekunder yang dapat berupa foto-foto kegiatan dan profil sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran team quiz yang diterapkan oleh guru kelas 4 pada mata pelajaran IPAS terlaksana dengan baik, hal ini dapat dilihat dari beberapa tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap pelaksanan terdapat beberapa tahapan lain yaitu tahap pra pembelajaran, tahap untuk memulai pembelajaran menyapa dan mengucapkan salam serta melakukan pengecekan kehadiran siswa. Tahap kegiatan inti guru melaksanakan pembelajaran IPAS dengan menggunakan strategi team quiz. Selanjutnya dalam kegiatan penutup guru bersama siswa membuat kesimpulan mengenai materi yang sudah dipelajari. Penerapan strategi ini dapat meningkatkan keaktifan siswa secara signifikan. Siswa menjadi lebih antusias, aktif dalam diskusi, dan berpartisipasi dalam kegiatan kelas. Selain itu, kerjasama antar siswa juga meningkat. Terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi pembelajaran team quiz, salah satu faktor pendukung berasal dari dukungan pihak sekolah dan persiapan yang matang, sedangkan faktor penghambat berasal dari kurangnya partisipasi aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan mata pelajaran IPAS dapat tercapai, jika siswa aktif dalam kegiatan belajar mengajar serta tergantung bagaimana siswa dan guru dalam menjalani proses kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Oleh sebab itu, penting bagi guru untuk dapat berinovasi dalam menerapkan sebuah strategi pembelajaran aktif sehingga siswa dapat berperan aktif dan melatih kepercayaan diri siswa di kelas
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 20:51 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 20:51 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21828 |
Actions (login required)
View Item |