Muflih, Muhammad Iqbal (2024) PENDIDIKAN NILAI-NILAI AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH DAN PENGEMBANGAN DIRI SISWA DI MTS AL-USWAH BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
MUFLIH-23010190124.pdf Download (3MB) |
|
Text
MUFLIH-23010190124.pdf Download (3MB) |
|
Text
MUFLIH-23010190124.pdf Download (3MB) |
Abstract
Muflih, Muhammad Iqbal. 2023. “Pendidikan Nilai-Nilai Ahlussunnah Wal Jama'ah dan Pengembangan Diri Siswa di Mts Al-Uswah Bergas Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2023/2024”. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Agama Islam S1, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Urifatun Anis, M.Pd.I. Kata Kunci: Pendidikan, Nilai-Nilai Ahlussunnah Wal Jama’ah, Pengembangan Diri Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jama’ah di MTs AL-Uswah Bergas Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2023/2024, untuk mengetahui pengembangan diri siswa di MTs AL-Uswah Bergas Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2023/2024, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam pendidikan nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jama’ah dan pengembangan diri siswa di MTs AL-Uswah Bergas Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk memastikan keabsahan data peneliti mengggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi waktu. Triangulasi sumber dilakukan dengan kepala sekolah, wakil kepala bidang kurkulum, wakil kepala bidang kesiswaan, guru PAI, dan siswa dengan menjalankan wawancara representatif. Triangulasi metode dilakukan dengan cara peneliti menganalisa dan mendiskripsikan kesimpulan wawancara yang didapatkan. Serta, triangulasi waktu dilakukan dengan cara pengecekan keabsahan data yang dipengaruhi oleh waktu, dengan cara pengecekan wawancara, observasi pada waktu yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) pendidikan nilai-nilai aswaja di MTs Al-Uswah Bergas dilaksanakan dengan praktik seperti terdapat jadwal kegiatan rutin yang dilakukan setiap hari dan satu kali dalam seminggu. Kegiatan tersebut berupa shalat duha dan istighosah dilanjutkan dengan membaca tahlil serta wirid, (2) pengembangan diri siswa di MTs Al-Uswah Bergas dilakukan dengan menjalankan program ekstrakurikuler. Adapun bentuk-bentuk ekstrakurikuler tersebut adalah bola voli, bulu tangkis, taekwondo, sepak bola, hadroh, English club, paskibra dan pramuka, (3) faktor pendukung dalam pendidikan nilai-nilai aswaja antara lain kerjasama, lingkungan, dan terdapat jadwal khusus serta memiliki tokoh-tokoh yang ahli dalam bidangnya. Sedangkan faktor yang jadi penghambat jalannya pendidikan nilai-nilai aswaja di MTs Al-Uswah Bergas adalah paham yang tidak sama, kurangnya minat siswa, serta kurang menonjolnya pendidikan nilai-nilai aswaja dalam kurikulum.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Keislaman |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 20:52 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 20:52 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21829 |
Actions (login required)
View Item |