zakiyya, Ufi nawa (2024) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK POSITIF REINFORCEMENT BERBASIS Q.S AT-TIN AYAT 4 UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS VIII E DI MTs N SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
NASKAHSKRIPSIUFINAWAZAKIYYA23080200061CETAK1.pdf Download (3MB) |
|
Text
NASKAHSKRIPSIUFINAWAZAKIYYA23080200061CETAK1.pdf Download (3MB) |
|
Text
NASKAHSKRIPSIUFINAWAZAKIYYA23080200061CETAK1FIfix.pdf Download (3MB) |
Abstract
juan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan kondisi awal rendah nya rasa percaya diri. 2) Menjelaskan pelaksanaan konseling kelompok dengan teknik positif reinforcement berbasis Q.s At-Tin Ayat 4 untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas VIII E di MTs N Semarang. 3) Untuk Mengetahui efektivitas konseling kelompok dengan positif reinforcement berbasis Q.s At-Tin Ayat 4 untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas VIII E di MTs N Seamarang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang menggunakan desain PreExperimental Design One Group Pretest posttest Design yang dilakukan dengan tahapan pretest, Treatment, dan Posttest. Treatment menggunakan teknik positif reinforcement berbasis Q.s At-Tin Ayat 4 dengan tahapan konseling yaitu pendahuluan, tahap transisi, tahap inti penutup dan evaluasi. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dilakukan secara purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologis percaya diri. Analisis data menggunakan statistic deskriptif dan uji Paired Sample t-Test. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII E MTs N Semarang dengan populasi 30 dan sampelnya sebanyak 8 siswa dengan kurangnya rasa percaya diri siswa. Hasil penelitian ini menunjukan pada saat pretest dan posttest dilakukan pengujian untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap rasa percaya diri siswa kelas VIII E di MTs N Semarang setelah konseling kelompok teknik positif reinforcement berbasis Q.s At-Tin Ayat 4. Pengujian ini dilakukan menggunakan IBM SPSS Statistics 20.0. Nilai mean pada pretest yaitu 42,75 sedangkan setelah dilakukan treatment nilai mean mengalami peningkatan menjadi 80,38. Selain dilihat pada rata-rata nilai pretest dan posttest dilakukan uji hipotesis dengan hasil nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 maka dapat diambil kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan mean antara pretest dengan posttest hal ini menunjukan bahwa konseling kelompok teknik positif reinforcement berbasis Q.s At-Tin Ayat 4 efektif dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas VIII E di MTs N Semarang
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 21:52 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 21:52 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21861 |
Actions (login required)
View Item |