PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MANFAAT ENERGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN MEDIA FLASH CARD PADA SISWA KELAS IV DI MI AL-ITTIHAD SEMOWO KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024

laila, Aziza nur (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MANFAAT ENERGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN MEDIA FLASH CARD PADA SISWA KELAS IV DI MI AL-ITTIHAD SEMOWO KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_AZIZA NUR LAILA_23040190080.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_AZIZA NUR LAILA_23040190080.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_AZIZA NUR LAILA_23040190080.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_AZIZA NUR LAILA_23040190080.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_AZIZA NUR LAILA_23040190080.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPS materi manfaat energi menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe two stay two stray (TSTS) dengan media flash card pada siswa kelas IV MI Al-Ittihad Semowo tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian dalam jenis tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan PTK ini dapat diselesaikan per siklus. Terdapat 4 langkah pada tiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan observasi, wawancara, soal tes dan dokumentasi. Indikator keberhasilan menggunakan batas ketuntasan klasikal sebesar 85% dengan nilai KKM 70. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV MI Al-Ittihad Semowo yang berjumlah 33 siswa dalam satu kelas. Objek dari penelitian ini yaitu hasil belajar siswa dan implementasi media belajar flash card. Teknik analisis data yaitu menggunakan presentaase kuantitatif dan menggulnakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini membuktiikan bahwa adanya peningkatan hasil belajar IPS pada materi manfaat energi menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe two stay two stray (TSTS) dengan media flash card pada siswa kelas IV MI Al-Ittihad Semowo tahun ajaran 2023/2024. Hal itu dapat dibuktikkan dengan pencapaian nilai persentase ketuntasan pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I presentase ketuntasan 36,64% dan pada siklus II menjadi 87,88%. Peningkatan hasil belajar pada pra siklus (15,15%) ke siklus I (36,64%) yaitu 21,49%. Peningkatan dari siklus I (36,64%) ke siklus II (87,88%) yaitu 52,24% yang artinya bahwa sudah terjadi ketuntasan klasikal pada siklus II dan penelitian dihentikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Oct 2024 23:09
Last Modified: 22 Oct 2024 23:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21878

Actions (login required)

View Item View Item