HUBUNGAN PEMANFAATAN LAYANAN BIMBINGAN & KONSELING DAN PEMBIASAAN SHOLAT DHUHA DENGAN GRATITUDE PADA SISWA MTs AL-MUHARIYYAH TAHUN PELAJARAN 2023/2024

, Aniq rosyada (2024) HUBUNGAN PEMANFAATAN LAYANAN BIMBINGAN & KONSELING DAN PEMBIASAAN SHOLAT DHUHA DENGAN GRATITUDE PADA SISWA MTs AL-MUHARIYYAH TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Aniq Rosyada.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Aniq Rosyada.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Aniq Rosyada.pdf

Download (4MB)

Abstract

Rosyada, Aniq. 2024. Hubungan Pemanfaatan Layanan Bimbingan & Konseling dan Pembiasaan Sholat Dhuha dengan Gratitude pada Siswa MTs Al-Muhariyyah Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Salatiga. Progam Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Andar Ifazatul Nurlatifah, M.Pd.I. Kata Kunci: pemanfatan layanan BK, pembiasaan sholat dhuha, gratitude Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hubungan pemanfaatan layanan BK dengan gratitude; (2) mengetahui hubungan pembiasaan sholat dhuha dengan gratitude; dan (3) mengetahui hubungan pemanfaatan layanan BK dan pembiasaan sholat dhuha dengan gratitude pada siswa MTs Al-Muhariyyah tahun pelajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode dan desain penelitian non-eksperimen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional. Pengambilan sample menggunakan teknik sample proposional dengan mengambil 80% dari jumlah populasi 101 siswa dengan tujuan agar sampel yang diambil dapat mewakili populasi secara proporsional dan memberikan hasil penelitian yang lebih akurat. Pengumpulan data menggunakan kuesioner pemanfaatan layanan BK, pembiasaan sholat dhuha dan gratitude yang telah dinyatakan valid dan reliable. Instrument ini sudah melalui uji judgement ahli bimbingan dan konseling dan melalui uji validitas dan reliabilitas. Kuesioner pemanfaatan layanan BK dengan jumlah item valid 14 dan dengan reliabel 0,858. Kuesioner pembiasaan sholat dhuha dengan jumlah item valid 14 dan dengan reliabel 0,904. Kuesioner gratitude dengan jumlah item valid 17 dan dengan reliabel 0,887. Uji hipotesis di analisis menggunakan pearson product moment dan analisis kolerasi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara Pemanfaatan Layanan BK dengan Gratitude, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,387 menunjukkan adanya hubungan (positif) antara Pemanfaatan Layanan BK dan Gratitude, yang tergolong dalam kategori korelasi Lemah karena termasuk dalam kategori rentang 0,20-0,399; (2) Terdapat hubungan positif antara Pembiasaan Sholat Dhuha dengan Gratitude, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,587 menunjukkan adanya hubungan (positif) antara Pemanfaatan Layanan BK dan Gratitude, yang tergolong dalam kategori korelasi Sedang karena termasuk dalam kategori rentang 0,40-0,599; dan (3) Tedapat hubungan positif antara Pemanfaatan Layanan BK dan Pembiasaan Sholat Dhuha dengan Gratitude, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,605 menunjukkan adanya hubungan (positif) antara Pemanfaatan Layanan BK dan Pembiasaan Sholat Dhuha dengan Gratitude, yang tergolong dalam kategori korelasi Kuat karena termasuk dalam kategori rentang 0,60-0,599.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2024 16:53
Last Modified: 23 Oct 2024 16:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21895

Actions (login required)

View Item View Item