Risdiyawan, Firman (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY PADA MATERI BANGUN RUANG BOLA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII MTS ROLAS NOLTELU TAHUN PELAJARAN 2023/ 2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
FIRMAN RISDIYAWAN 23070190102.pdf Download (4MB) |
|
Text
FIRMAN RISDIYAWAN 23070190102.pdf Download (4MB) |
|
Text
FIRMAN RISDIYAWAN 23070190102.pdf Download (4MB) |
Abstract
Risdiyawan, Firman. 2024. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematics Education Dengan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Pada Materi Bangun Ruang Bola terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII MTS Rolas Noltelu Tahun Pelajaran 2023/ 2024. Skripsi. Salatiga. Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Wulan Izzatul Himmah, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Lembar Kerja Peserta Didik, Realistic Mathematics Education, Two Stay Two Stray. Hasil Belajar. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Realistic Mathematics Education (RME) dengan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) pada materi bangun ruang bola yang valid, efektif dan praktis terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VII MTs Rolas Noltelu Tuntang tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Produk yang dihasilkan dari penelitian ini berupa LKPD yang diterapkan kepada peserta didik kelas VII MTs Rolas Noltelu. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan uji validasi dari lembar validasi yang diberikan oleh validator ahli materi dan validator ahli tampilan terhadap LKPD berbasis Realistic Mathematics Education (RME) yang dikembangkan oleh peneliti yaitu sebesar 89,2% dengan kriteria sangat valid. Kemudian dari pretest dan posttest peserta didik menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dengan rata-rata 18,75 dengan persentase sebesar 21,9% yang artinya ada peningkatan hasil belajar peserta didik dengan pengaruh penggunaan LKPD. Hasil uji kepraktisan LKPD berbasis Realistic Mathematics Education (RME) dari angket respon guru dan peserta didik yaitu sebesar 86,% dengan kriteria sangat praktis. Produk LKPD berbasis Realistic Mathematics Education (RME) yang dikembangkan dengan kategori valid, efektif, dan praktis terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 17:43 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 17:43 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21897 |
Actions (login required)
View Item |