PESAN GURUTTA PADA NOVEL RINDU KARYA TERE LIYE MENURUT PERSPEKTIF PENDIDIKAN AKHLAK

Musarrofah, Ana Alaily (2015) PESAN GURUTTA PADA NOVEL RINDU KARYA TERE LIYE MENURUT PERSPEKTIF PENDIDIKAN AKHLAK. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Ana Alaily Musyarrofah_11111092.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Pendidikan akhlak merupakan modal terpenting dalam pembentukan diri pribadi suatu insan yang berguna untuk menghadapi masa depan yang lebih cerah. Remaja adalah penerus pembangunan dalam semua Negara. Merosotnya moral generasi muda merupakan pertanda akan merosotnya moral anak bangsa. Penyebab merosotnya akhlak bangsa adalah kurangnya pemahaman agama di tengah-tengah masyarakat dan kurangnyapendidikan akhlak. Kemerosotan akhlak dalam kehidupan masyarakat merupakan suatu bukti gagalnya pendidikan selama ini terutama dalam bidang akhlak.Pendidikan akhlak pada era kemajuan teknologi seperti sekarang ini tidak hanya dapat diperoleh di rumah, di sekolah atau lembaga pendidikan formal lewat pembelajaran di kelas. Pendidikan akhlak dapat diperoleh dari mana saja. Salah satunya adalah melalui karya sastra yang bermutu dan berkualitas. Selain sebagai sarana hiburan, karya sastra novel juga bisa sebagai sarana belajar atau pendidikan. salah satunya adalah novel Rindu karya Tere Liye.Fokus penelitian yang akan dikaji adalah: 1. Bagaimana pesan Guruttayang berkaitan dengan akhlak terpuji pada novel Rindu karangan Tere Liye. 2. Bagaimana pesan Gurutta pada novel Rindu dalam perspektif pendidikan Akhlak. 3. Apaimpilkasi pesan Guruttadalam pendidikan Akhlak. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), menggunakan pendekatan deskriptif analisis dengan menggambarkan dan menjelaskan teks-teks dalam novel yang mengandung tentang pendidikan akhlak dengan menguraikan dan menganalisis serta memberikan pemahaman atas teks-teks yang dideskripsikan.Sedangkan dalam pengumpulan datanya menggunakan metode dokumetasi (documentation research methode),analisis data yang digunakan dalam skripsi ini adalah analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1. Pesan Gurutta mengandung 23 macam akhlak terpuji yaitu menerima takdir, bersyukur, menaati perintah Allah Swt, tobat, khauf dan raja‟, tawakal, adil terhadap diri sendiri, pantang menyerah, tidak mementingkan diri sendiri, sabar, ikhlas, tegar, optimis, lapang dada, ta‟awun, berkumpul dengan orang baik, berbuat baik, menutup aib, solidaritas, menghargai orang lain, pemaaf, memaafkan kesalahan orang tua, dan kasih sayang terhadap orang tua. 2. Pesan Gurutta mengandung akhlak terhadap Allah Swt (menerima takdir, bersyukur, menaati perintah Allah Swt, tobat, khauf dan raja‟,dan tawakal); akhlak terhadap diri sendiri (adil terhadap diri sendiri, gigih, tidak mementingkan diri sendiri, sabar, ikhlas, tegar, optimis,dan lapang dada); akhlak terhadap sesama yang meliputi ta‟awun, berkumpul dengan orang baik, berbuat baik, menutup aib, solidaritas, menghargai orang lain, dan pemaaf); akhlak terhadap orang tua (memaafkan kesalahan orang tua dan kasih sayang terhadap orang tua). 3. Implikasi pesan Gurutta dalam pendidikan akhlak yaitu pesan Gurutta diterapkan dengan menceritakan kisah-kisah yang terdapat dalam al-Qur‟an, memberikan contoh perilaku terpuji yang dilakukan orang lain, dan menasihati dengan menyertakan dalil al-Qur‟an dan hadits serta harus dimanifestasikan dalam ranah kognitif, afektif dan psikomotor.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Feb 2016 05:03
Last Modified: 16 Feb 2016 05:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/219

Actions (login required)

View Item View Item