“NILAI-NILAI DALAM TRADISI SLAMETAN SUSUK KALI DI MASYARAKAT DUSUN LOSARI, DESA PAGERGUNUNG, KECAMATAN NGABLAK KABUPATEN MAGELANG” (Analisis Nilai Max Sceler)

Alvina, Zulfa (2024) “NILAI-NILAI DALAM TRADISI SLAMETAN SUSUK KALI DI MASYARAKAT DUSUN LOSARI, DESA PAGERGUNUNG, KECAMATAN NGABLAK KABUPATEN MAGELANG” (Analisis Nilai Max Sceler). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Alhamdulillah Skripsi Alpinaa Fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Alhamdulillah Skripsi Alpinaa Fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Alhamdulillah Skripsi Alpinaa Fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Alhamdulillah Skripsi Alpinaa Fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai yang terdapat dalam Tradisi Slametan Susuk Kali di Dusun Losari Pagergunung Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang dengan teori Filsafat Nilai Max Scheler, yang mana menitikberatkan pada hierarki nilai Max Scheler. Tradisi Susuk Kali merupakan tradisi dimana warga masyarakat membersihkan kali yang menjadi aliran air untuk kebutuhan pokok dan juga untuk aliran sawah warga. Slametan Susuk Kali dilakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap leluhur dan untuk menjaga kebersihan kali. Tradisi Slametan Susuk Kali sebagai wujud kebudayaan tentunya tidak lepas dari nilai-nilai didalamnya, maka dari itu tujuan penelitian ini untuk menjelaskan tentang nilai-nilai yang terdapat dalam Slametan Susuk Kali. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan penelitian teknik pengambilan data wawancara karena penelitian ini adalah penelitian studi kasus lapangan (field research) serta observasi, yakni mengamati secara langsung prosesi Slametan Susuk Kali dan pengambilan dokumentasi. Analisis data yang digunakan untuk menarik kesimpulan adalah dengan menggunakan metode deskriptif interpretatif yaitu menjelaskan sebagaimana data yang telah diperoleh dari hasil wawancara maupun buku-buku yang kemudian data tersebut di buat penafsiran sehingga dapat diketahui hubungan dengan masalah yang diteliti. Dari penelitian Slametan Susuk Kali di Dusun Losari Desa Pagergunung Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang dapat disimpulkan bahwa Slametan Susuk Kali memiliki tiga tahapan dalam pelaksanaanya (tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap akhir). Tradisi Slametan Susuk Kali jika ditinjau menggunakan teori nilai Max Scheler didalamnya terdapat nilai kekudusan yang terletak pada Slametan yang disimbulkan dengan tahlil dan berdoa, wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan penghormatan kepada leluhur, yang menjadi nilai tertinggi. Nilai spiritual pada Slametan Susuk Kali terletak pada ketenangan hati ketika melihat sumber air yang menjadi kebutuhan warga bersih dan terawat, nilai vitalitas yang terletak pada membersihkan sumber air bersama-sama, serta saling menghormati sesama tanpa membedakan kasta, dan nilai kesenangan yang terletak pada makan bersama-sama dan bersilaturahmi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Filsafat dan Epistemologi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2024 19:45
Last Modified: 23 Oct 2024 19:45
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21907

Actions (login required)

View Item View Item