Azzahro, Siti Rochyanti (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA BEDA AGAMA DI BANCAAN BARAT KELURAHAN SIDOREJO LOR KOTA SALATIGA TAHUN 2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
SITI ROCHYANTI AZZAHRO 23010170292 (2).pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
SITI ROCHYANTI AZZAHRO 23010170292 (2).pdf Download (3MB) |
Abstract
Azzahro, Siti Rochyanti, 2024. Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga Beda Agama di Bancaan Barat Kelurahan Sidorejo Lor Kota Salatiga Tahun 2024. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Hammam M.Pd., Ph.D. Kata Kunci: Implementasi Pendidikan Agama Islam, Keluarga Beda Agama Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis karakteristik keluarga beda agama, Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam dalam keluarga beda agama, faktor pendukung Pendidikan Agama Islam dalam keluarga beda agama dan faktor penghambat Pendidikan Agama Islam dalam keluarga beda agama di Bancaan Barat, Kelurahan Sidorejo Lor, Kota Salatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah orang tua dalam keluarga beda agama. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian melalui 4 tahap: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data,, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan tringulasi sumber dan tringulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Secara Umum, kedua keluarga beda agama di desa Bancaan Barat berprofesi sebagai Buruh dan Karyawan Swasta dengan penghasilan berkecukupan. Keluarga Ava Saputra dan keluarga Supatno sama-sama berpendidikan tinggi. Mereka begitu peduli dengan pendidikan agama anak-anak mereka, karena mereka berprinsip bahwa agama adalah hal yang penting dalam kehidupan mereka. 2) Pelaksanaan pendidikan agama Islam pada keluarga beda agama terjadi pada sore hari. Karena pada waktu itu semua anggota keluarga berkumpul. Namun pembelajaran agama tidak berlangsung setiap sore terkadang malam hari juga. Setiap orang tua dari dua keluarga beda agama lebih mengajarkan nilai-nilai yang terdapat dalam ajaran Islam dan juga pendidikan Islam. Mereka menggunakan metode ceramah, metode pembiasaan, metode ganjaran dan metode hukuman. 3) Faktor Pendukung proses pendidikan agama Islam dalam keluarga beda agama adalah toleransi dan kebebasan memeluk agama serta sikap saling menghormati dalam keluarga, Pembelajaran TPQ di masjid, Peran saudara dan kerabat keluarga mereka yang berbeda-beda agama, Sarana dan Prasarana adalah hal yang sangat penting dan mendukung anak dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam. Sedangkan faktor penghambat adalah faktor pernikahan beda agama, faktor pendidikan agama orang tua yang kurang memadai, dan faktor lingkungan sosial yang tidak mendukung bagi pendidikan agama Islam.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 14:34 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 14:34 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21945 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |