Putri, Harisa Aisyah (2024) PENGEMBANGAN VIDEO IKLAN SEBAGAI MEDIA PROMOSI RENTAL GAWAI PINTAR DI RENTPHONE KOTA SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Harisa Aisyah Putri NIM. 43010200061.pdf Download (1MB) |
Abstract
Putri, Harisa Aisyah, 2024. PENGEMBANGAN VIDEO IKLAN SEBAGAI MEDIA PROMOSI RENTAL GAWAI PINTAR DI RENTPHONE KOTA SALATIGA Skripsi, Salatiga: Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Mukti Ali, S.Ag.,M.Hum. Kata Kunci: Pengembangan, Video Iklan, Media Promosi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana pengembangan video iklan sebagai media promosi di Rentphone Salatiga? Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dan jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian kualitatif. Rentphone merupakan industri rumahan yang bergerak di jasa rental handphone iPhone. Pada awalnya renphone menyewakan Iphone karna dapat menggantikan fungsi dari kamera digital dan juga utamanya dapat menunjang status sosial. Namun seiring berjalanya waktu pemilik rentphone melihat bahwa budaya meminjam handphone sekarang masih merupakan hal yang tabu, namun sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk pekerja, perlombaan dan untuk tugas sekolah. Oleh karena itu renphone salatiga membuat video promosi kreatif agar memiliki pasar yang lebih luas dan bisa bermanfaat untuk orang lain. Rentphone dalam pembuatan video iklan sebagai media promosi telah melakukan perencanaan dengan matang yang didasarkan pada opini, ide, dan gagasan. Sehingga, video iklan yang sudah dikemas tersebut dapat menarik peminat konsumen dalam melakukan sewa iPhone di Rentphone Salatiga.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengembangan video iklan menggunakan metode kualitatif dan model hannnafin and peck dapat membantu rentphone dalam pengembangan video kreatif & efektif guna meningkatkan kesadaran masyarakat terkait brand rentphone itu sendiri, sehingga pesan yang disampaikan rentphone dapat tersampaikan dengan baik sehingga dapat meningkatkan penjualan dan rentphone menjadi lebih dikenal. Dengan berkolaborasi dengan konten kreator Yu Rob, videografer, dan editor, Rentphone menggunakan handphone iPhone 14 pro dan pengeditanya menggunakan aplikasi capcut. Dengan proses yang terstruktur dan evaluasi berkelanjutan yang akhirnya berkontribusi pada peningkatan kesadaran merek dan potensi peningkatan pelanggan. Rentphone juga berhasil mengidentifikasi kemudahan, seperti dukungan dari influencer, meskipun masih dihadapkan pada hambatan, termasuk keterbatasan anggaran dan tantangan kreatif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 17:38 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 17:38 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21954 |
Actions (login required)
View Item |