mahadi, Sofa (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM TEMA 8 SUB TEMA 1 KELAS VA SEMESTER II MI ISLAMIYAH TANJUNG, KLEGO, BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SOFA MAHADI 23040200042.pdf Download (3MB) |
|
Text
SOFA MAHADI 23040200042.pdf Download (3MB) |
|
Text
SOFA MAHADI 23040200042.pdf Download (3MB) |
|
Text
SOFA MAHADI 23040200042.pdf Download (3MB) |
Abstract
Mahadi, Sofa. 2024. Implementasi Model Pembelajaran Make A Match Dengan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Tema 8 Sub Tema 1 Kelas VA Semester II MI Islamiyah Tanjung, Klego, Boyolali Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri Salatiga (UIN) Salatiga. Pembimbing: Dr. Sutrisna, M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, Model Make A Match, Media Flash Card Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat model pembelajaran make a match dengan dibantu media flash card dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA). Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VA MI Islamiyah Tanjung, Klego, Boyolali dengan total peserta didik 24 orang, terdiri dari 9 laki-laki dan 15 perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau biasa disebut Classroom Action Research. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklusnya terdiri dari 4 tahapanan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Cara mengumpulkan data peneliti menggunakan metode berupa yaitu wawancara, tes tertulis, lembar observasi, dan dokumentasi. Peningkatan hasil belajar di ukur secara individual yang merujuk pada KKM yang telah ditentukan sekolahan yaitu 70 dan pada ketuntasan klassikal sebesar 85%. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwasannya penerapan model make a match dengan media flash card meningkatkan hasil belajar peserta didik. Keberhasilan ini dapat ini bisa terlihat dengan membandingkan hasil setiap siklusnya. Berdasarkan data prestasi belajar prasiklus dari sebanyak 24 peserta didik, hanya 9 yang mencapai KKM atau tingkat ketuntasannya sebesar 37,50% dengan rata-rata nilai 61,66. Hasil penelitian pada siklus I menujukkan peningkatan sebesar 33,33% menjadi 70,83%, ada 17 peserta didik yang telah mencapai nilai KKM atau dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 70,83% dengan rata-rata nilai 78,16. Pada siklus II menunjukkan peningkatan sebesar 20,83% di bandingkan dengan nilai siklus I atau menjadi 91,66%, pada siklus II ada 22 peserta didik yang telah mencapai nilai KKM atau dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 91,66% dengan rata-rata nilai 87,16. Maka hasil belajar siklus II menjadi tolak ukur peneliti untuk penelitian tindakan kelas dihentikan pada siklus II. Karena beradasarkan hasil tersebut telah memenuhi indikator keberhasilan individual maupun klassikal. Bagi 2 peserta didik yang belum tuntas nilai belajarnya akan dilakukan remedial.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 20:40 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 20:40 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21968 |
Actions (login required)
View Item |