PENGARUH REGULASI EMOSI DAN TEACHER EFFICACY TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) DI KOTA SALATIGA

Khoiriyah, Nasyifaa (2024) PENGARUH REGULASI EMOSI DAN TEACHER EFFICACY TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) DI KOTA SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
NASYIFAA_KHOIRIYAH-PI-43040200097-SKRIPSI[1].pdf

Download (4MB)
[img] Text
NASYIFAA_KHOIRIYAH-PI-43040200097-SKRIPSI[1].pdf

Download (4MB)
[img] Text
NASYIFAA_KHOIRIYAH-PI-43040200097-SKRIPSI[1].pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu (1) Bagaimana pengaruh regulasi emosi terhadap kinerja guru SLB di kota Salatiga. (2) Bagaimana pengaruh teacher efficacy terhadap kinerja guru SLB di kota Salatiga. (3) Bagaimana pengaruh regulasi emosi dan teacher efficacy terhadap kinerja guru SLB di kota Salatiga. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kausal dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 70 Guru yang menjadi Wali kelas di masing-masing sekolah. Seluruh anggota populasi dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket dari skala regulasi emosi, teacher efficacy, dan skala kinerja guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda menggunakan bantuan program IBM SPSS Statistics 26.0 for Windows. Tahapan sebelum melakukan uji analisis, peneliti melakukan uji prasyarat terlebih dahulu menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan secara statistic dari variabel regulasi emosi terhadap kinerja guru, sebagaimana ditentukan oleh ambang signifikasi 5% atau 0,05. Hasilnya menunjukkan bahwa proporsi responden yang signifikan, khususnya 17,1% menunjukkan tingkat regulasi emosi sedang, sebaliknya 82,9% responden menunjukkan tingkat regulasi emosi yang tinggi. 2) Ada pengaruh yang signifikan secara statistik antara teacher efficacy dan kinerja guru, sebagaimana ditentukan oleh ambang signifikasi 5% atau 0,05. Hasilnya menunjukkan bahwa proporsi responden yang signifikan, khususnya 1,4% menunjukkan tingkat kepercayaan diri guru yang rendah, sebaliknya 98,6% responden menunjukkan tingkat kinerja guru tingkat kepercayaan diri guru yang sedang. 3) Data yang dikumpulkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa gabungan pengaruh variabel X1 dan X2 terhadap Y secara statistik signifikan, dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari ambang batas yang telah ditentukan sebesar 0,05. Selain itu, nilai f yang dihitung sebesar 39,429 melebihi nilai f yang ditabulasikan sebesar 3,132. Nilai koefisien R Square adalah 0,541, sedangkan koefisien Adjusted R Square adalah 0,527. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa regulasi emosi dan teacher efficacy menyumbang 52,7% dari kinerja guru SLB di Kota Salatiga. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa variabel regulasi emosi dan teacher efficacy memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru SLB di Kota Salatiga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2024 16:50
Last Modified: 25 Oct 2024 16:50
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22000

Actions (login required)

View Item View Item