PEMBINAAN SIKAP KEAGAMAAN DAN KARAKTER MANDIRI PADA SISWA DI MTsS Al-MANAR TENGARAN, KAB. SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024

khasanah, Uswatun (2024) PEMBINAAN SIKAP KEAGAMAAN DAN KARAKTER MANDIRI PADA SISWA DI MTsS Al-MANAR TENGARAN, KAB. SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
PDFFSKRIPSI_Uswatun Khasanah_23010190220_PAI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
PDFFSKRIPSI_Uswatun Khasanah_23010190220_PAI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
PDFFSKRIPSI_Uswatun Khasanah_23010190220_PAI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
PDFFSKRIPSI_Uswatun Khasanah_23010190220_PAI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
PDFFSKRIPSI_Uswatun Khasanah_23010190220_PAI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
PDFFSKRIPSI_Uswatun Khasanah_23010190220_PAI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
PDFFSKRIPSI_Uswatun Khasanah_23010190220_PAI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
PDFFSKRIPSI_Uswatun Khasanah_23010190220_PAI.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Khasanah,Uswatun, 2024. Pembinaan Sikap Keagamaan dan Karakter Mandiri pada Siswa di MTsS Al-Manar Tengaran Kab. Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Barid Syamsiyah, M.Pd. Kata Kunci: Pembinaan; Sikap Keagamaan; Karakter Mandiri. Tujuan dalam penelitian ini adalah :1) Untuk mendeskripsikan pembinaan sikap keagamaan pada siswa di MTsS Al-Manar Tengaran Kab. Semarang; 2) Untuk mendeskripsikan pembinaan karakter mandiri pada siswa di MTsS Al-Manar Tengaran Kab. Semarang; 3) Untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan sikap keagamaan pada siswa di MTsS Al-Manar Tengaran Kab. Semarang; 4) Untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan karakter mandiri pada siswa di MTsS Al-Manar Tengaran Kab. Semarang Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriftif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara reduksi data , penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) pelaksanaan pembinaan sikap keagamaan pada siswa dilakukan melalui metode pembiasaan dan metode keteladanan. Adapun Pembinaan aspek sikap keagaaman yaitu aspek akidah, aspek ibadah, dan aspek akhlak. Pembinaan sikap keagamaan dilakukan dengan adanya kegiatan-kegiatan sikap keagamaan yaitu mujahadah, sholat duhur berjamaah, dan peringatan hari besar islam (PHBI). 2) pembinaan karakter mandiri pada siswa dilakukan melalui metode pembiasaan, metode keteladanan dan metode memberikan perhatian. Adapun aspek pembinaan karakter mandiri yaitu aspek emosional, aspek tingkah laku, dan aspek nilai. Pembinaan karakter mandiri dilakukan dengan adanya kegiatan-kegiatan karakter mandiri yaitu jadwal piket atau tugas piket, dan ektrakurikuler. 3) faktor pendukung pembinaan sikap keagamaan yaitu dalam diri siswa, dukungan orangtua, dan lingkungan. Adapun faktor penghambat pembinaan sikap keagamaan yaitu faktor kurang mengetahui nilai-nilai keagamaan dan faktor teman sebaya. 4) faktor pendukung pembinaan karakter mandiri yaitu faktor orangtua, faktor dari dalam siswa, dan lingkungan. Adapun faktor penghambat pembinaan karakter mandiri yaitu faktor kurang percaya diri dan faktor broken home.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2024 20:13
Last Modified: 25 Oct 2024 20:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22024

Actions (login required)

View Item View Item