S.Pd, Dinda Meilasari An Nisa' (2024) Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil 'Alamin (P5PPRA) di MTSN 2 Kudus dan MTS Tarbiyatul Mubtadiin Demak. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
DONE TESIS DINDA.pdf Download (1MB) |
|
Text
DINDA MEILASARI - 12010220006 - FINISH.pdf Download (3MB) |
Abstract
An Nisa, Dinda Meilasari (2024). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin (P5PPRA) Di MTSN 2 Kudus Dan MTS Tarbiyatul Mubtadiin Demak Tahun Ajaran 2023/2024. Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam. Program Pascasarjana. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr., Fatchurrohman, M.Pd Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin (P5P2RA) di MTSN 2 Kudus dan MTS Tarbiyatul Mubtadiin Demak. 2) Untuk menganilisis dampak yang timbul dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin (P5P2RA) di MTSN 2 Kudus dan MTS Tarbiyatul Mubtadiin Demak. 3) Untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi dalam Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin (P5P2RA) di MTSN 2 Kudus dan MTS Tarbiyatul Mubtadiin Demak. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan Kualitatif. Penelitian ini mendeskripsikan mengenai Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin (P5PPRA) melalui data yang diambil dari Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini, penulis menemukan beberapa data 1) Implementasi P5PPRA di MTSN 2 Kudus dan MTS Tarbiyatul Mubtadiin memiliki kesamaan dalam hal strategi implementasi P5PPRA, yaitu dengan melakukan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut. Perencanaan yang dilakukan MTSN 2 Kudus dan MTS Tarbiyatul Mubtadiin Demak meliputi pelatihan oleh guru terkait P5PPRA, dan perancangan modul. Pada pelaksanaannya MTSN 2 Kudus dan MTS Tarbiyatul Mubtadiin Demak menyelenggarakan beberapa kegiatan yang berkaitan dengan tema-tema yang telah ditentukan. Evaluasi P5PPRA di MTSN 2 Kudus dilakukan dalam mingguan, bulanan, tahunan, dan laporan praktikum peserta didik, sedangkan di MTS Tarbiyatul Mubtdaiin dilakukan pada bulanan dan tahunan. Tindak lanjut pelaksanaan P5PPRA di MTSN 2 Kudus dan MTS Tarbiyatul Mubtadiin Demak dapat terealisasi secara bertahap sesuai dengan kondisi lingkungan. 2) Perubahan karakter peserta didik menunjukkan dampak yang baik. Hal ini membuktikan bahwa program P5PPRA yang berfokus pada nilai-nilai Pancasila dan nilai rahmatan lil ‘alamin dapat membantu peserta didik mengembangkan berbagai aspek karakter seperti karakter religius, kerja sama, empati, kepedulian sosial, solidaritas, kreatifitas, toleransi, dan kemandirian. 3) Faktor Pendukung meliputi beberapa hal yang mampu menunjang keberhasilan P5PPRA. Dan faktor penghambat merupakan suatu hal yang menghambat keberhasilan P5PPRA Kata Kunci: Implementasi, Proyek penguatan profil pelajar Pancasila dan profil pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin, Karakter
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 20:49 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 20:49 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22030 |
Actions (login required)
View Item |