D, M. Zahir Bahar (2024) PEMBELAJARAN AL-QUR'AN HADITS IMPLIKASINYA TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR'AN DI MTS AL-ITTIHAD SEMOWO PABELAN KAB SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
M. ZAHIR BAHAR D 23010180255.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis adalah 1). Untuk mendeskripsikan pembelajaran Al-Qur’an Hadits dan Implikasinya terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an di MTs Al-Ittihad Semowo Pabelan Kab Semarang Tahun ajaran 2023/2024 2). Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dari pembelajaran Al-Qur’an Hadits Implikasinya Terhadap kemampuan mengahafal Al-Qur’an di MTs Al-Ittihad Semowo Pabelan Kab Semarang Tahun Ajaran 2023/2024 3). Untuk mendeskripsikan apa saja solusi dalam mengatasi hampembelajaran Al-Qur’an hadits implikasinya terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an di MTs Al-Ittihad Semowo Pabelan Kab Semarang Tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini mengunakan Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI dan tenaga pendidik, siswa serta siswi MTs Al-Ittihad Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang, sebagai sumber data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif meliputi reduksi data, serta penarikan kesimpulan. Sedangkan dalam pengecekan data mengunakan triangulasi sumber dan teknik dalam menemukan display antara variabel judul. Hasil Penelitian, pertama implikasi Pembelajaran Al-Qur’an Hadits terhadap Tahfiduzl Qur’an meliputi Pengetahuan terkait dengan Kitab Al- Qur’an. mengetahui fungsi hadits, fungsi al-qur’an terhadap hadits dan fungsi hadits terhadap al-qur’an. Pembelajaran makahrijul huruf. Pembelajaran Adab, pembelajaran tajwid. Menghafalkan beberapa materi surat sebagai metode agar siswa dalam Tahfidzul Qur’an. Kedua, Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Al-Qur’an Hadist dan Implikasinya dalam Tahfidzul Qur’an. Faktor pendukung meliputi: Al-Qur’an dan terjemahan, sarana dan prasarana perpustakaan, teknologi seperti laptop dan LCD. Profesionalisme guru, orang tua berperan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Al-Ittihad melalui dukungan dan peran aktifnya, Adanya pondok pesantren di lingkungan sekitar pada MTs Al-Ittihad. Faktor penghambat, diantaranya adalah sebagai berikut: rasa malas, kurangnya daya ingat menghafal, management waktu menjadi salah satu Pergaulan dengan teman sebaya. Ketiga, solusi dalam mengatasi hambatan pembelajaran Al-Qur’an Hadits dan implikasi dalam Tahfidzul Qur’an Pembuatan jadwal belajar pribadi, mengulangi ayat yang sudah dihafal, mengurangi bermain Adanya berbagai doa menjadi salah satu solusi dalam mengatasi hambatan sebab doa merupakan kekuatan rasa percaya diri dan kuasa tuhan yang dapat menjadikan usaha peserta didik menjadi maksimal seperti pada siswa atau siswi di MTs Al-Ittihad.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Keislaman |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 21:38 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 21:38 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22040 |
Actions (login required)
View Item |