PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MELALUI KARYA POSTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII A SMP NEGERI 3 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

NAFISAH, MALIKHATUN (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MELALUI KARYA POSTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII A SMP NEGERI 3 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI MALIKHATUN NAFISAH 23060200058 (1) (3).pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI MALIKHATUN NAFISAH 23060200058 (1) (3).pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) melalui karya poster materi pencemaran lingkungan kelas VII A SMP Negeri 3 Salatiga tahun pelajaran 2023/ 2024.. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di dalam kelas untuk memperbaiki proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di antarannya: perencanaan (Planning), pelaksanaan (Action), pengamatan (Observing), dan refleksi (Reflecting). Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII A SMP Negeri 3 Salatiga yang berjumlah 30 peserta didik, dengan 13 peserta didik laki-laki dan 17 peserta didik perempuan. Kriteria Ketuntasan Maksimum (KKM) yang ditetapkan di SMP Negeri 3 Salatiga pada mata pelajaran IPA sebesar 70. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) melalui karya poster dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII A SMP Negeri 3 Salatiga. Peningkatan hasil belajar tersebut dicapai dengan dua siklus. Peningkatan hasil belajar pada siklus I sebanyak 15 (50,0%) peserta didik tuntas dan sebanyak 15 (50,0%) peserta didik tidak tuntas dengan nilai rata- rata 62,6. Siklus II sebanyak 23 (76,6%) peserta didik tuntas dan 7 (23,3%) peserta didik tidak tuntas dengan nilai rata- rata 79,0. Persentase peningkatan hasil belajar IPA kelas VII A dari siklus I ke siklus II sebesar 26,6. Penelitian berhenti pada siklus II karena telah mencapai indikator keberhasilan belajar peserta didik yang telah ditentukan sebesar ≥75% dari jumlah seluruh peserta didik dalam satu kelas dengan KKM yang ditentukan sekolah sebesar 70.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Oct 2024 01:31
Last Modified: 28 Oct 2024 01:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22076

Actions (login required)

View Item View Item