Pengembangan Media Pembelajaran Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII di SMPIT Nurul Islam Tengaran

Mahmud, Fawwaz Lu'ay Fadhisma (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII di SMPIT Nurul Islam Tengaran. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Fawwaz Fiks Terakhir.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi Fawwaz Fiks Terakhir.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi Fawwaz Fiks Terakhir.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi Fawwaz Fiks Terakhir.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi Fawwaz Fiks Terakhir.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi Fawwaz Fiks Terakhir.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi Fawwaz Fiks Terakhir.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi Fawwaz Fiks Terakhir.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi Fawwaz Fiks Terakhir.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi Fawwaz Fiks Terakhir.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi Fawwaz Fiks Terakhir.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi Fawwaz Fiks Terakhir.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi Fawwaz Fiks Terakhir.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi Fawwaz Fiks Terakhir.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi Fawwaz Fiks Terakhir.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi Fawwaz Fiks Terakhir.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian Pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui 1) analisis kebutuhan, 2) karakterisitik, 3) validitas, dan 4) kepraktisan produk pengembangan media pembelajaran berbasis google sites untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan getaran dan gelombang kelas VIII di SMPIT Nurul Islam Tengaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau yang dikenal sebagai "research and development" dalam bahasa Inggris. Prosedur penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan Borg dan Gall (2003) yang telah dimodifikasi menjadi 5 tahapan, melakukan studi pendahuluan, membuat desain produk, melakukan validasi produk, melakukan revisi produk. dan melakukan uji coba operasional. Hasil penelitian ini berupa adanya kebutuhan media pembelajaran berbasis google sites untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi getaran dan gelombang. Media pembelajaran berbasis google sites pada materi getaran dan gelombang dengan karakteristik berbentuk website dan aplikasi, tampilan tidak membosankan, menarik, interaktif dan dilengkapi dengan soal evaluasi berindikator berpikir kritis ini dinyatakan sangat layak dengan persentase penilaian ahli materi 96,15%, ahli media 94,64%, serta respon guru 87,50% dan siswa 80,50,% menyatakan sangat praktis Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau yang dikenal sebagai "research and development" dalam bahasa Inggris. Prosedur penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan Borg dan Gall (2003) yang telah dimodifikasi menjadi 5 tahapan, melakukan studi pendahuluan, membuat desain produk, melakukan validasi produk, melakukan revisi produk. dan melakukan uji coba operasional. Hasil penelitian ini berupa adanya kebutuhan media pembelajaran berbasis google sites untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi getaran dan gelombang. Media pembelajaran berbasis google sites pada materi getaran dan gelombang dengan karakteristik berbentuk website dan aplikasi, tampilan tidak membosankan, menarik, interaktif dan dilengkapi dengan soal evaluasi berindikator berpikir kritis ini dinyatakan sangat layak dengan persentase penilaian ahli materi 96,15%, ahli media 94,64%, serta respon guru 87,50% dan siswa 80,50,% menyatakan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Oct 2024 18:08
Last Modified: 28 Oct 2024 18:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22118

Actions (login required)

View Item View Item