PENGEMBANGAN E-MODUL IPA BERBASIS DISCOVERY LEARNING MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII SMP ISLAM AL-AZHAR 18 SALATIGA

Pratiwi, Refi Eka (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL IPA BERBASIS DISCOVERY LEARNING MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII SMP ISLAM AL-AZHAR 18 SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Refi Eka Pratiwi 23060200008-.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Refi Eka Pratiwi 23060200008-.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Refi Eka Pratiwi 23060200008-.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Refi Eka Pratiwi 23060200008-.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Refi Eka Pratiwi 23060200008-.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Analisis kebutuhan emodul IPA berbasis discovery learning materi klasifikasi makhluk hidup Kelas VII SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga 2) Karakteristik e-modul IPA berbasis discovery learning materi klasifikasi makhluk hidup Kelas VII SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga 3) Kelayakan e-modul IPA berbasis discovery learning materi klasifikasi makhluk hidup Kelas VII SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga. 4) Kepraktisan e-modul IPA berbasis discovery learning materi klasifikasi makhluk hidup Kelas VII SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Pada penelitian ini dibatasi tiga tahapan yaitu 1) Analisis kebutuhan dalam pembuatan e-modul pembelajaran 2) Desain yang akan ditampilkan dalam e-modul 3) Pengembangan yang terdapat dalam e-modul berupa materi, tampilan maupun media. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara, observasi, angket kebutuhan dan lembar uji kelayakan/kevalidan serta lembar uji kepraktisan dengan format respon empat poin dari skala Likert untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan e-modul IPA, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan hasil analisis kebutuhan bahwa pengembangan e-modul perlu dilakukan sebagai bahan ajar penunjang belajar mandiri selain buku paket. Karakteristik yang membedakan e-modul IPA berbasis discovery learning adalah dalam penyusunan e-modul dipadukan dengan langkahlangkah model discovery learning Selain itu, terdapat kuis dengan backsound musik. Peserta didik juga mampu melihat skor secara langsung setelah pengisian kuis dan benar salah pada soal. Kebaharuan e-modul ini yaitu pengaksesan tidak melalui link seperti Html melainkan dari aplikasi yang di instal oleh peserta didik. Kelebihan e-modul yaitu fleksibel, offline, tidak memakan banyak ruang penyimpanan, LKPD dan kuis. Terdapat kode QR pada setiap video pembelajaran, LKPD, dan kuis yang dapat diakses secara langsung. Sedangkan kekurangan emodul IPA tidak dapat di instal pada iPhone dan laptop/komputer. Kelayakan emodul IPA berdasarkan penilaian validator/ahli memperoleh persentase rata-rata sebesar 98,4% dengan kategori “Sangat Layak” dapat digunakan tanpa revisi. Kepraktisan e-modul penilaian guru IPA kelas VII dan peserta didik uji coba skala kecil. Persentase kepraktisan e-modul IPA oleh guru IPA kelas VII 82,7% masuk dalam kategori “Sangat Praktis” dapat digunakan tanpa revisi dan persentase ratarata penilaian peserta didik sebesar 91,5% masuk dalam kategori “Sangat praktis”

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Oct 2024 18:12
Last Modified: 28 Oct 2024 18:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22120

Actions (login required)

View Item View Item