PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV DI SD IT ALMAKA GETASAN TAHUN AJARAN 2023/2024

Hidayah, Qorina Zulnida (2024) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV DI SD IT ALMAKA GETASAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
QORINA ZULNIDA HIDAYAH 23040200026 SKRIPSI NEW (2).pdf

Download (8MB)
[img] Text
QORINA ZULNIDA HIDAYAH 23040200026 SKRIPSI NEW (2).pdf

Download (8MB)
[img] Text
QORINA ZULNIDA HIDAYAH 23040200026 SKRIPSI NEW (2).pdf

Download (8MB)
[img] Text
QORINA ZULNIDA HIDAYAH 23040200026 SKRIPSI NEW (2).pdf

Download (8MB)
[img] Text
QORINA ZULNIDA HIDAYAH 23040200026 SKRIPSI NEW (2).pdf

Download (8MB)
[img] Text
QORINA ZULNIDA HIDAYAH 23040200026 SKRIPSI NEW (2).pdf

Download (8MB)
[img] Text
QORINA ZULNIDA HIDAYAH 23040200026 SKRIPSI NEW (2).pdf

Download (8MB)
[img] Text
QORINA ZULNIDA HIDAYAH 23040200026 SKRIPSI NEW (2).pdf

Download (8MB)

Abstract

Hidayah, Qorina Zulnida. 2024. Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV di SD IT Almaka Getasan Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi, Salatiga: Jurusan Guru Kelas Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Peni Susapti, S.Si., M.Si. Kata Kunci: pendekatan saintifik dan keterampilan berpikir kritis Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPAS siswa kelas IV di Sekolah Dasar Islam Tahfidz Almaka Getasan. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) berjenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperiment dan jenis one group pretest and posttest design. Penelitian ini terdapat dua variabel yaitu pendekatan saintifik sebagai variabel bebas, keterampilan berpikir kritis siswa sebagai variabel terikat. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan mengadakan uji instrumen soal, pretest dan posttest kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan saintifik terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dapat dilihat melaui hasil nilai posttest kelas eksperimen dengan rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Pada pengujian paired sample t-test didapatkan hasil yaitu diperoleh nilai sebesar 0,000 pada kelas eksperimen dan nilai 0,001 pada kelas kontrol. Angka tersebut menunjukkan hasil dari pretest dan posttest mengalami perubahan yang signifikan, sehingga dari hasil nilai kelas eksperimen dan kelas kontrol dinyatakan berbeda nyata. Hasil uji independent sample t- test memperoleh hasil yaitu sebesar 0,724, sehingga dapat disimpulkan bahwa Sig. > 0,05 sedangkan pada kolom Sig. (2-tailed) diperoleh hasil 0,00 maka hasil tersebut Sig.< 0,05. Berdasarkan hasil uji independent t-test, maka uji hipotesis yang dapat diterima yaitu Ha: dengan menggunakan pendekatan saintifik dinyatakan berpengaruh pada keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas IV di SD IT Almaka Getasan, sehingga dapat disimpulkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik dapat mempengaruhi keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas IV di SD IT Almaka Getasan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Oct 2024 20:32
Last Modified: 28 Oct 2024 20:32
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22139

Actions (login required)

View Item View Item