IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI MELALUI PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENSTIMULASI PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK A DI RA AL-AZHAR CEBONGAN KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024

Achriliana, Meilinda Ariris (2024) IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI MELALUI PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENSTIMULASI PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK A DI RA AL-AZHAR CEBONGAN KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Meilinda Ariris Achriliana_23050200039_skripsi.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Meilinda Ariris Achriliana_23050200039_skripsi.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Meilinda Ariris Achriliana_23050200039_skripsi.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Meilinda Ariris Achriliana_23050200039_skripsi.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Meilinda Ariris Achriliana_23050200039_skripsi.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Meilinda Ariris Achriliana_23050200039_skripsi.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Meilinda Ariris Achriliana_23050200039_skripsi.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Meilinda Ariris Achriliana_23050200039_skripsi.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Meilinda Ariris Achriliana_23050200039_skripsi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana perilaku prososial anak usia dini di RA Al-Azhar Cebongan Kota Salatiga, (2) untuk mengetahui bagaimana implementasi metode demonstrasi melalui pendekatan project based learning dalam menstimulasi perilaku prososial anak usia dini di RA Al-Azhar Cebongan Kota Salatiga, (3) untuk mengetahui apasaja faktor penghambat dan pendukung metode demonstrasi melalui pendekatan project based learning di RA Al-Azhar Cebongan Kota Salatiga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari informan yaitu kepala sekolah, guru, orang tua, dan juga siswa kelompok A RA Al-Azhar Cebongan Salatiga. Pengumpulan data ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu penyajian data dalam bentuk tulisan dan menerangkan apa adanya sesuai dengan data yang diperoleh dari hasil penelitian. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode demonstrasi dengan pendekatan project based learning telah diterapkan di RA Al-Azhar Cebongan Salatiga. Perilaku prososial anak usia dini pada kelompok A di RA Al-Azhar Cebongan Salatiga telah berkembang sesuai dengan tingkat pencapaian perkembangan usia 4-5 tahun. Hal tersebut ditunjukkan anak dengan perilaku bermain dengan teman sebayanya, mengetahui perasaan temannya dan memberikan respon, berbagi dengan orang lain, bersikap toleran, kerja sama, dan sopan santun. Pada implementasi metode demonstrasi dengan pendekatan project based lerning meliputi tiga tahap yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan (implementation), dan evaluasi. Contoh kegiatan proyek yang telah dilakukan yaitu pembuatan jus jeruk, menghias donat, replika ice cream, dan menyusun balok menjadi sebuah bangunan. Faktor pendukungnya yaitu sarana dan prasarana yang memadai, guru menciptakan suasana yang menyenangkan, minat anak yang responsif, dan guru memilih kegiatan sesuai kemampuan anak. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kegiatan anak yang berbeda-beda, keterbatasan waktu, dan banyak alat dan bahan yang harus dipersiapkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Oct 2024 21:13
Last Modified: 28 Oct 2024 21:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22152

Actions (login required)

View Item View Item