Annisa, Amsa Luthfi (2024) Strategi Komunikasi Organisasi dalam Implementasi Inovasi Pelayanan Publik pada Program E-Retribusi di Dinas Perdagangan Kota Salatiga. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Amsa Luthfi.pdf Download (2MB) |
Abstract
Annisa, Amsa Luthfi. 2024. Strategi Komunikasi Organisasi Dalam Implementasi Inovasi Pelayanan Publik Pada Program E-Retribusi Di Dinas Perdagangan Kota Salatiga. Tahun 2024. Skripsi, Salatiga : Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Bapak Ahmad Kharis, M.A Kata Kunci: Inovasi Pelayanan Publik, Komunikasi Organisasi, Strategi Komunikasi. Tujuan yang hendaknya dicapai dalam penelitian ini, untuk mengetahui; 1.) Bagaimana strategi komunikasi organisasi dalam mewujudkan program E-retribusi di Dinas Perdagangan Kota Salatiga dan 2.) Bagaimana faktor yang mempengaruhi implementasi inovasi pelayanan publik pada program E-retribusi di Dinas Perdagangan Kota Salatiga. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode pendekatan studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini meliputi; sumber data primer yakni wawancara dari 4 informan, sumber data sekunder berupa jurnal, skripsi, tesis, buku, dan internet berupa website yang berkaitan dengan penelitian. Data yang diperoleh pada analisis dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan; kemudian uji keabsahan data melalui triangulasi sumber, metode, teori kemudian ditarik kesimpulan. Hasil dari penenelitian ini bahwa; 1.) Strategi komunikasi organisasi yang efektif berperan penting dalam keberhasilam implementasi inovasi pelayanan publik pada program E-retribusi ini. Mulai dari tahapan perencanaan, penyususnan pesan, pemilihan media, penetapan metode, komunikator dan tahapan evaluasi serta dimensi-dimensi komunikasi organisasi baik itu internal maupun eksternal. Dapat mempermudahkan Dinas Perdagangan Kota Salatiga melakukan perubahaan dalam inovasi pelayanan publik pada program E-retribusi. 2.)Faktor penghambat dan pendukung dapat memepengaruhi implementasi pelayanan publik pada program Eretribusi di Dinas Perdagangan Kota Salatiga. Namun, meskipun ada tantangan, keberhasilan awal menunjukan bahwa pendekatan yang keselutuhan dan keberlanjutan dapat meningkatkan implementasi ini dan kepuasan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 21:19 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 21:19 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22155 |
Actions (login required)
View Item |