Pengaruh Komunikasi Word of Mouth Terhadap Keputusan Pemilihan Tempat Makan pada Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga

Kurniasari, Dini Syafira (2024) Pengaruh Komunikasi Word of Mouth Terhadap Keputusan Pemilihan Tempat Makan pada Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
PENGARUH KOMUNIKASI WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMILIHAN TEMPAT MAKAN PADA MAHASISWA KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM FAKULTAS DAKWAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SALATIGA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kurniasari, Dini Syafira. (2024). Pengaruh Komunikasi Word of mouth Terhadap Keputusan Pemilihan Tempat Makan pada Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Skripsi. Fakultas Dakwah. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing Avin Wimar Budyastomo, M.Kom. Kata Kunci: Keputusan Pemilihan, Tempat Makan, Word of mouth Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi word of mouth terhadap keputusan pemilihan tempat makan pada mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Islam Negeri Salatiga dan untuk mengetahui besarnya pengaruh komunikasi word of mouth terhadap keputusan pemilihan tempat makan pada mahasiswa program studi komunikasi dan penyiaran islam Universitas Islam Negeri Salatiga. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Pendekatan yang digunakan adalah nonparametrik metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kausalitas. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Islam Negeri Salatiga dengan jumlah populasi 185 mahasiswa dengan jumlah sampel yang dihasilkan berjumlah 65 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan teknik pengambilan data purposive sampling. Dalam pengambilan data menggunakan angket atau kuesioner. Selain menggunakan kuesioner, dalam pengambilan data juga menggunakan observasi dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa 1) Berdasarkan hasil perhitungan uji T dapat diketahui bahwa nilai signifikansi word of mouth (X) terhadap keputusan pemilihan tempat makan (Y) adalah 0.000 < 0.05, dan nilai thitung 11.892 > ttabel 1.998, artinya variabel X berpengaruh positif terhadap variabel Y. Hasil hipotesis yang didapatkan adalah Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh komunikasi word of mouth terhadap keputusan pemilihan tempat makan secara signifikan. 2) Berdasarkan dari perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai Rsquare sebesar 0.692 yang artinya bahwa pengaruh variabel word of mouth terhadap variabel keputusan pemilihan adalah sebesar 69,2%. Maka dapat disimpulkan bahwa word of mouth berpengaruh terhadap keputusan pemilihan tempat makan pada mahasiswa program studi komunikasi dan penyiaran islam Universitas Islam Negeri Salatiga sebesar 69,2% atau dapat dikatakan cukup berpengaruh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Oct 2024 21:22
Last Modified: 28 Oct 2024 21:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22156

Actions (login required)

View Item View Item