STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SENI ANAK MELALUI KEGIATAN FUNDAY ECOPRINT DI RA SYAAMILA KIDS SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024

Ariani, Icha Muftia (2024) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SENI ANAK MELALUI KEGIATAN FUNDAY ECOPRINT DI RA SYAAMILA KIDS SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
revisimunaqosah.pdf

Download (3MB)

Abstract

Muftia Ariani, Icha, 2024. Strategi Guru dalam Mengembangkan Kreativitas Seni Anak Melalui Kegiatan Funday Ecoprint Di RA Syaamila Kids Salatiga Tahun Ajaran 2023/2024, Skripsi: Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Ibu Ghaida Zukhruf Tsaniyatsnaini M.Pd. Kata kunci: Strategi Guru, Pengembangan Kreativitas Seni, Ecoprint Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui strategi guru dalam mengembangkan kreativitas seni anak melalui kegiatan funday ecoprint (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengembangkan kreativitas seni anak melalui kegiatan funday ecoprint. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan tiga aktivitas yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi menggunakan triangulasisumber dan triangulasi metode/teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak usia dini di RA Syaamila Kids Salatiga sudah mulai terbentuk dari adanya kegiatan funday ecoprint. (1) Strategi guru dalam mengembangkan kreativitas seni anak melalui kegiatan funday ecoprint adalah dengan strategi pembelajaran langsung, yang dimana guru sendiri yang langsung membimbing dalam kegiatan ecoprint. Adapun langkah-langkah guru dalam mengajarkan ecoprint : a) Perencanaan, dimulai dengan guru menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan dalam kegiatan funday ecoprint b) Pelaksanaan, kegiatan funday ecoprint dilakukan di halaman sekolah kegiatan RA Syaamila Kids Salatiga, guru menggunakan metode demonstrasi, dimana guru menjelaskan dengan melihatkan hasil ecoprint yang sudah jadi, dilanjutakan menjelaskan langkah pembuatannya dan yang terakhir mengajak anak membuat ecoprint bersama c) Evulasi, menggunakan tiga teknik penilaian sesuai masing-masing perkembangan anak, dengan memberi penilaian BB, MB, BSH dengan penilaian ceklis, menulis kejadian unik dengan penilaian anekdot, dan penilaian hasil karya anak, untuk kegiatan funday ecoprint belum ada penilaian khusus, masih digabungkan dengan penilaian aspek yang lain. (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat kegiatan funday ecoprint : a) faktor pendukung antara lain anak-anak yang semangat mengikuti funday ecoprint, alat dan bahan sudah tersedia, anak-anak memiliki rasa ingin tahu dengan hasil ecoprint yang sudah mereka buat. b) Faktor penghambat kegiatan funday ecoprint: beberapa guru tidak hadir dalam kegiatan funday ecoprint, beberapa orang tua lupa membawakan bahan seperti daun, batang, bunga,dan beberapa anak yang terlalu bersemangat menumbuk sehingga tangannya terkena balok.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2024 00:08
Last Modified: 29 Oct 2024 00:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22164

Actions (login required)

View Item View Item