EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Ningrum, Ratri Wida (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI RATRI WIDA NINGRUM 23070190038.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI RATRI WIDA NINGRUM 23070190038.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI RATRI WIDA NINGRUM 23070190038.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan media ular tangga sebagai solusi dari permasalahan rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa. Indikator efektivitas pada penelitian ini adalah rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diberikan perlakuan lebih baik dibandingkan sebelum diberikan perlakuan dan rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen lebih baik dari rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan Quasi Experiment Design menggunakan Pretest-Posttest Control Group. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan media ular tangga, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan komunikasi matematis siswa. Data dikumpulkan dengan metode tes dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Hidayatullah tahun pelajaran 2023/2024. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah Cluster Random Sampling yang telah diuji normalitas, homogenitas, dan kesamaaan rata-rata terlebih dahulu. Sehingga, terpilih kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan media ular tangga dan VII B sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran Group Investigation. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan perbedaan rata-rata. Uji perbedaan rata-rata berisi uji hipotesis I dan uji hipotesis II. Uji hipotesis I dilakukan dengan uji t satu pihak yaitu pihak kiri. Hasilnya menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diberi perlakuan lebih baik dibandingkan sebelum diberi perlakuan. Hal ini dibuktikan dengan nilai

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2024 13:45
Last Modified: 29 Oct 2024 13:45
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22183

Actions (login required)

View Item View Item