PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI MUKJIZAT DAN KEJADIAN LUAR BIASA LAINNYA DENGAN METODE TALKING STICK DAN MEDIA PUZZLE PINTAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII C MTS AL MANAR TENGARAN TAHUN AJARAN 2022/2023

ummah, Zayyina lutfiati (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI MUKJIZAT DAN KEJADIAN LUAR BIASA LAINNYA DENGAN METODE TALKING STICK DAN MEDIA PUZZLE PINTAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII C MTS AL MANAR TENGARAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ZAYYINA LUTFIATI UMMAH (23010180144)'.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ZAYYINA LUTFIATI UMMAH (23010180144)'.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ZAYYINA LUTFIATI UMMAH (23010180144)'.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ZAYYINA LUTFIATI UMMAH (23010180144)'.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode talking stick dan media puzzle pintar serta menilai peningkatan hasil belajar dengan menggunakan metode dan media tersebut pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya pada peserta didik kelas VIII C MTs Al Manar Tengaran Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelian ini dilaksnakan di MTs Al Manar Bener Tengaran pada bulan November 2022. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus mempunyai empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data menggunaan tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode talking stick dan media puzzle pintar dapat meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak materi mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya pada peserta didik kelas VIII C MTs Al Manar Bener Tengaran pada tahun pelajaran 2022/2023. Dibuktikan dengan hasil belajar peserta didik pada setiap siklusnya. Pada pra siklus hasil belajar peserta didik mencapai nilai rata-rata sebesar 68,43 kemudian naik pada siklus I menjadi 75,47 yaitu mengalami peningkatan sebesar 7,04 dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 82,95 yaitu mengalami peningkatan sebesar 7,48. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik baik. Sedangkan presentase ketuntasan peserta didik pada pra siklus hanya sebesar 39,13% atau 9 peserta didik, kemudian naik pada siklus I menjadi 56,52% atau 13 peserta didik dengan mengalami peningkatan sebesar 17,39%. Kemudian pada siklus II mendapatkan 86,95% atau sebanyak 20 peserta didik dengan peningkatan sebesar 30,43%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2024 15:44
Last Modified: 29 Oct 2024 15:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22195

Actions (login required)

View Item View Item