RIFQI, MUHAMMAD (2024) PENGARUH KONFORMITAS DAN SABAR TERHADAP BULLYING PADA SISWA DI MAN 2 SEMARANG KAB. SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
MUHAMMAD RIFQI 23080200015 (1).pdf Download (4MB) |
|
Text
MUHAMMAD RIFQI 23080200015 (1).pdf Download (4MB) |
Abstract
Rifqi, Muhammad. 2024. Pengaruh Konformitas dan Sabar Terhadap Bullying Pada Siswa di MAN 2 Semarang Kab. Semarang. Skripsi, Salatiga: Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Dr. Wahidin, M.Pd. Kata kunci: Konformitas, Sabar, Bullying Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Membuktikan pengaruh konformitas terhadap bullying pada siswa MAN 2 Semarang Kab. Semarang; 2) membuktikan pengaruh sabar terhadap bullying pada siswa di MAN 2 Semarang Kab. Semarang; 3) Membuktikan pengaruh konformitas dan sabar terhadap bullying pada siswa di MAN 2 Semarang Kab. Semarang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala konformitas, sabar, dan bullying. Skala konformitas dikembangkan oleh Myres David G. (2012) skala sabar dikembangkan oleh Hafiz (2015) dan skala bullying dikembangkan oleh Rahayu, S. (2015). Lalu diolah menggunakan bantuan SPSS 25.0 . Sample penelitian ini berjumlah 121 siswa kelas XII MAN 2 Semarang. Pengambilan sample menggunakan non-probability dengan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Nilai koefisien konformitas terhadap bullying 0,283 dengan nilai positif, hal ini dapat diartikan bahwa setiap kenaikan variabel konformitas maka perilaku bullying meningkat sebesar 0,283. Nilai koefisien sabar terhadap bullying didapat sebesar 0,98 dengan nilai sig. <0,05 menunjukkan adanya pengaruh positif sabar terhadap perilaku bullying. Nilai koefisien konformitas dan sabar terhadap bullying 0,053 dengan nilai positif, hal ini dapat diartikan bahwa setiap kenaikan konformitas dan sabar meningkatkan bullying sebesar 0,053 dengan asumsi variabel lain yang konstan. Nilai hubungan dalam konformitas dan bullying didapatkan nilai 41,988; nilai hubungan sabar dan bullying sebesar 46,120; serta nilai konformitas dan sabar terhadap bullying sebesar 39,671. Dengan begitu bisa diambil kesimpulan bahwa konformitas dan sabar berpengaruh terhadap bullying pada siswa di MAN 2 Semarang, Kab. Semarang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 16:57 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 16:57 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22208 |
Actions (login required)
View Item |