NURHARDINI, RAHMA (2024) PENGARUH PEER PRESSURE DAN TOXIC MASCULINITY TERHADAP QUALITY OF LIFE PADA SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 8 KOTA SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI RAHMA PI 067.pdf Download (3MB) |
|
Text
SKRIPSI RAHMA PI 067.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui apakah peer pressure berpengaruh terhadap quality of life pada siswa kelas IX di SMPN 8 Kota Salatiga. (2) Untuk mengetahui pengaruh toxic masculinity terhadap quality of life pada siswa kelas IX di SMPN 8 Kota Salatiga. (3) Untuk mengetahui pengaruh peer pressure dan toxic masculinity terhadap quality of life pada siswa kelas IX di SMPN 8 Kota Salatiga. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 137 siswa kelas IX di SMPN 8 Kota Salatiga. Jumlah sampel dihitung menggunakan rumus Isaac & Michael dengan margin of error sebesar 10% dengan sampel sebanyak 91 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Kuesioner digunakan untuk pengambilan data. Analisis data menggunakan uji regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh signifikan antara peer pressure terhadap quality of life, dengan hasil signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. (2) terdapat pengaruh signifikan antara toxic masculinity terhadap quality of life, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara peer pressure dan toxic masculinity terhadap quality of life, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung 18,343 > Ftabel 3,099, dengan nilai R Square sebesar 24,9%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 17:43 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 17:43 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22214 |
Actions (login required)
View Item |