AGUSTINA, SILFIANA PUTRI (2024) EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) DENGAN NILAINILAI AL-QUR’AN SURAH AR RA’D AYAT 28 UNTUK MENGURANGI KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN KELAS PADA SISWA SMK N 1 TENGARAN. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SILFIANA PUTRI AGUSTINA 23080200021 .pdf Download (1MB) |
|
Text
SILFIANA PUTRI AGUSTINA 23080200021 .pdf Download (1MB) |
|
Text
SILFIANA PUTRI AGUSTINA 23080200021 .pdf Download (1MB) |
|
Text
SILFIANA PUTRI AGUSTINA 23080200021 .pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini yang bertujuan : 1) Untuk menjabarkan kecemasan berbicara di depan kelas pada siswa SMK N 1 Tengaran sebelum diberikan layanan konseling kelompok Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dengan nilai-nilai Q.S ArRa’dْ Ayatْ 28.ْ 2)ْ Untukْ mengetahuiْ pelaksanaanْ layananْ konselingْ kelompokْRational Emotive Behavior Therapy (REBT) dengan nilai-nilai Q.S Ar-Ra’dْAyatْ28 untuk mengurangi kecemasan berbicara di depan kelas pada siswa. 3) Untuk mengetahui efektifitas layanan konseling kelompok Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dengan nilai-nilai Q.S Ar-Ra’dْ Ayatْ 28ْ untuk mengurangi kecemasan berbicara di depan kelas pada siswa SMK N 1 Tengaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif pre-eksperimental dengan one group and pretest and post-test design. Dimana populasi yang digunakan siswa kelas Kuliner 2 yang berjumlah 36 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 10 orang yang diambil melalui Teknik purposive sampling dengan memiliki kriteria siswa yang memiliki tingkat kecemasan berbicara di depan kelas yang tinggi. Alat pengumpulan data penelitian yakni berupa skala kecemasan. Instrument skala kecemasan terdiri dari 24 item dengan nilai reliabilitas 0,726. Teknik analisis data menggunakan Uji-T. Hasil penelitian menunjukkan 1) bahwa kecemasan berbicara di depan kelas pada siswa SMK N 1 Tengaran sebelum diberikan layanan konseling kelompok Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dengan nilai-nilaiْQ.SْArْRa’dْAyatْ28 mempunyai kecemasan yang tinggi, hal ini dibuktikan dengan hasil pretest yang mendapatkan skor rata-rata 84.30. 2) Pelaksanaan layanan konseling kelompok Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dengan nilai-nilaiْQ.SْArْRa’dْAyatْ28 yaitu tahap pertama ada tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kerja dengan mengimplementasikan pendekatan REBT, tahap penutup dan evaluasi. 3) konseling kelompok Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dengan nilai-nilai Q.S Ar Ra’dْAyatْ28ْuntukْmengurangiْkecemasanْberbicaraْdiْdepanْkelasْpadaْsiswaْSMK N 1 Tengaran. Dapat dibuktikan dengan diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka memiliki arti bahwa konseling kelompok Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dengan nilai-nilai Q.S Ar-Ra’dْAyatْ28ْefektif untuk mengurangi kecemasan berbicara di depan kelas pada siswa SMK N 1 Tengaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 17:45 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 17:45 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22215 |
Actions (login required)
View Item |