Marwati, (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMK MUHAMMADIYAH PK SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
MARWATI 23010200058.pdf Download (5MB) |
|
Text
MARWATI 23010200058.pdf Download (5MB) |
|
Text
MARWATI 23010200058.pdf Download (5MB) |
|
Text
MARWATI 23010200058.pdf Download (5MB) |
|
Text
MARWATI 23010200058.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Marwati. 2024. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Muhammadiyah PK Salatiga Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi. Program Studi Pendidikan agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Badrus Zaman, M.Pd.I. Kata kunci : Implementasi, pembelajaran berdiferensiasi, mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMK Muhammadiyah PK Salatiga tahun ajaran 2023/2024, faktor pendukung dan penghambat pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMK Muhammadiyah PK Salatiga tahun ajaran 2023/2024, dan solusi dari faktor penghambat pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMK Muhammadiyah PK Salatiga tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Kepala sekolah, waka kurikulum, tim waka kesiswaan, guru agama Islam, dan siswa adalah beberapa narasumber dalam penelitian ini. Analisis data dilakukan melalui tiga proses yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi teknik dan triangulasi sumber digunakan untuk memastikan bahwa data penelitian ini benar. Penelitian ini menunjukkan implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMK Muhammadiyah PK Salatiga tahun ajaran 2023/2024 sudah berlangsung dengan baik. Tes diagnostik awal dilakukan guna mengetahui kemampuan awal siswa. Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi terdapat empat elemen di dalamnya yaitu isi (konten), proses, produk dan lingkungan belajar. Dalam pelaksanaannya, terdapat 5 prinsip meliputi lingkungan belajar, kurikulum yang berkualitas, asesmen berkelanjutan, pengajaran yang responsif, serta kepemimpinan dan rutinitas di kelas. Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti dapat menggunakan metode seperti project based learning, tutor sebaya dan problem based learning untuk menarik minat siswa. Pelaksanaannya dipengaruhi oleh faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukungnya meliputi ketersediaan SDM, fasilitas yang cukup serta guru yang kompeten. Sedangkan untuk faktor penghambatnya adalah perbedaan pemahaman guru yang dapat diatasi dengan in house training (IHT) dan penyelarasan kurikulum, karakter siswa yang berbeda-beda dapat diatasi dengan pengelompokkan siswa sehingga guru dapat mengetahui kebutuhan setiap siswa dan bagaimana cara penanganannya, kondisi kelas yang kurang kondusif yang dapat diatasi dengan cara pembuatan kesepakatan kelas sehingga siswa harus bertanggung jawab atas apa yang sudah disepakati bersama.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 18:27 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 18:27 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22224 |
Actions (login required)
View Item |