PEMBIASAAN MELANTUNKAN SHALAWAT DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK USIA DINI DI RA MIFTAHUL ULUM DUREN TENGARAN TAHUN AJARAN 2023/2024

Saputra, Maulana Arya (2024) PEMBIASAAN MELANTUNKAN SHALAWAT DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK USIA DINI DI RA MIFTAHUL ULUM DUREN TENGARAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI MAULANA ARYA SAPUTRA 23050200029 PIAUD UIN SALATIGA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI MAULANA ARYA SAPUTRA 23050200029 PIAUD UIN SALATIGA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI MAULANA ARYA SAPUTRA 23050200029 PIAUD UIN SALATIGA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Saputra, Maulana Arya. 2024. Pembiasaan Melantunkan Shalawat dalam Menanamkan Karakter Religius Anak Usia Dini di RA Miftahul Ulum Duren Tengaran. Skripsi. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Jurusan Guru Kelas. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Ibdaul Latifah, M.Pd Kata Kunci: Pembiasaan Melantunkan Shalawat, Karakter Religius Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui penerapan pembiasaan melantunkan shalawat dalam menanamkan karakter religius anak usia dini di RA Miftahul Ulum (2) Untuk mengetahui hasil dari pembiasaan melantunkan shalawat dalam menanamkan karakter religius pada anak usia dini di RA Miftahul Ulum. (3) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung penerapan pembiasaan melantunkan shalawat dalam menanamkan karakter religius pada anak usia dini di RA Miftahul Ulum. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan tiga aktivitas yaitu reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Triangulasi menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan pembiasaan shalawat untuk karakter religius pada anak diawali dengan pembiasaan mendengarkan shalawat melalui speaker sekolah yang diputar ketika masuk sekolah, istirahat, pulang sekolah, dan dengan melantunkannya. Bentuk pembiasaan rutin yang dilakukan di RA yaitu pembiasaan melantunkan shalawat nariyah setiap hari jumat. Kemudian pembiasaan spontan di RA yaitu anak bershalawat tanpa diminta guru sebelum masuk kelas dan ketika istirahat. Ada juga kegiatan keteladanan yaitu anak berani memimpin shalawat didepan kelas. Kegiatan terprogram yang ada di RA yaitu setoran hafalan shalawat dengan guru di akhir semester.. (2) melalui kegiatan pembiasaan ini anak-anak terbiasa mengucapkan lafal bahasa arab, mengenal Allah dan ciptaannya, serta dapat menstimulasi karakter religius anak. (3) faktor penghambat pembiasaan shalawat diantaranya pelafalan huruf, dan makhorijul huruf anak yang masih banyak kesalahan pengucapannya, kemudian suasana hati anak, karena tingkat kefokusan anak cenderung rendah. Juga terdapat faktor pendukung, yaitu orang tua yang ikut berpartisipasi terutama lingkungan RA demi tercapainya tujuan pembiasaan shalawat ini. Kesuksesan pembiasaan melantunkan shalawat dalam menanamkan karakter religius di RA Miftahul Ulum ini perlu kerjasama dari seluruh warga madrasah maupun dari lingkungan keluarga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2024 20:51
Last Modified: 29 Oct 2024 20:51
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22245

Actions (login required)

View Item View Item