Shevcenko, Nofrialdi Ariesto (2024) PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI DUKUH 01 KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024 SKRIPSI. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
NOFRIALDI ARIESTO SHEVCENKO 23040200014.pdf Download (2MB) |
|
Text
NOFRIALDI ARIESTO SHEVCENKO 23040200014.pdf Download (2MB) |
Abstract
Shevcenko, Nofrialdi, Ariesto. 2024. Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa di Kelas VI SD Negeri Dukuh 01 Salatiga Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Guru Kelas, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Sutrisna, M.Pd. Kata Kunci: Peran Guru, Pembentukan Karakter, Peduli Lingkungan Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru. untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran guru dalam pembentukan karakter peduli lingkungan pada siswa kelas VI di SD Negeri Dukuh 01 Salatiga Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data ini dilakukan dengan kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang diambil dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru, dan siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan melakukan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, pada peran guru dalam pembentukan karakter peduli lingkungan pada siswa kelas VI menunjukkan bahwa guru memiliki peranan yang sangat beragam namun tugas dari seorang guru itu bisa terbagi lagi menjadi berbagai macam peranan diantaranya, peran guru sebagai pendidik menjadikan siswa memiliki perilaku yang baik, peran guru sebagai teladan yaitu guru menjadi contoh yang baik dalam kegiatan sehari-harinya bagi siswa, peran guru sebagai inisiator yaitu guru membuat ide seperti melepas alas kaki sebelum masuk kelas, peran guru sebagai fasilitator artinya guru dapat menyediakan sarana dan prasarana baik yang menunjang untuk belajar, peran guru sebagai evaluator yaitu guru selalu melakukan evaluasi dari setiap kegiatan rutin yang dilakukan, peran guru sebagai kolaborator yaitu guru dalam membuat suatu kegiatan selalu bekerja sama dengan siswanya. faktor pendukung peran guru dalam pembentukan karakter peduli lingkungan yaitu, sarana dan prasarana seperti alat kebersihan, tempat sampah, halaman luas, ruang kelas, dan aula. lalu ada kegiatan rutinan seperti siram tanaman (Sirtam), sepuluh menit mencabut rumput (Siput), belajar berbasis lingkungan (Sisling), konservasi pot dan tanaman (Sipotam), kreasi barang-barang bekas (Sibokas), sampah bersih (Samir). Faktor penghambat yaitu, sarana prasarana yang kurang efisien, kurangnya tanggung jawab siswa, kurangnya partisipasi siswa, dan kurangnya kesadaran siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 20:56 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 20:56 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22248 |
Actions (login required)
View Item |