PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT(TGT) DENGAN MEDIA MONOPOLI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI GETARAN DAN GELOMBANG PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 5 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Khoirunnisa, Iklima Jihan (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT(TGT) DENGAN MEDIA MONOPOLI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI GETARAN DAN GELOMBANG PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 5 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Iklima Jihan Khoirunnisa 23060200020.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Iklima Jihan Khoirunnisa 23060200020.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Iklima Jihan Khoirunnisa 23060200020.pdf

Download (7MB)

Abstract

Khoirunnisa, Iklima Jihan. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament dengan Media Monopoli Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Getaran dan Gelombang pada Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 5 Salatiga Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Khusna Widhyahrini, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Teams Games Tournament; Monopoli; Kemampuan Berpikir Kritis Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament dengan media monopoli terhadap kemampuan berpikir kritis materi getaran dan gelombang pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Salatiga tahun pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif tipe true experiment. Populasi pada penelitian ini yakni seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Salatiga. Sampel diambil secara acak dengan kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol. Variabel yang digunakan adalah model pembelajaran Teams Games Tournament dengan media monopoli sebagai variabel X dan kemampuan berpikir kritis sebagai variabel Y. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa lembar soal dan non tes berupa lembar angket. Instrumen tes telah diuji keabsahannya dengan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Instrumen non tes telah diuji keabsahannya dengan validasi ahli. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis meliputi uji koefisien korelasi, uji regresi linear sederhana, dan uji koefisien determinasi. Hasil analisis uji hipotesis, yakni uji koefisien korelasi menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 dengan hasil interval koefisien 0,684. Uji regresi linear sederhana didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,009 < 0,05 dengan persamaan linear Y = - 94,008 + 3,851 X. Uji koefisien determinasi menunjukkan nilai r square 0,468 berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis sebesar 46,8%. Hasil pretest dan posttest kelas eksperimen terdapat peningkatan rata-rata nilai dari 40,69 menjadi 67,35. Hasil angket kemampuan berpikir kritis yang telah disebarkan menunjukkan adanya peningkatan rata-rata pre-angket dan post-angket dengan persentase dari 61,72% menjadi 62,7%. Hasil angket respon pembelajaran mendapatkan respon positif dari peserta didik dengan persentase sebesar 69,88%. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran teams games tournament dengan media monopoli berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis materi getaran dan gelombang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2024 04:03
Last Modified: 30 Oct 2024 04:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22272

Actions (login required)

View Item View Item