Syaifudin, Ahmad (2024) Manajemen Strategi dalam Pengembangan Program Dakwah pada Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Provinsi Jawa Tengah Masa Khidmat 2018-2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Skripsi_Ahmad Syaifudin_43020200018_MD.pdf Download (7MB) |
|
Text
Skripsi_Ahmad Syaifudin_43020200018_MD.pdf Download (7MB) |
Abstract
Syaifudin, Ahmad. 2024. Manajemen Strategi dalam Pengembangan Program Dakwah pada Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Provinsi Jawa Tengah Masa Khidmat 2018-2024. Skripsi, Salatiga: Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Achmad Maimun, M.Ag. Kata Kunci: manajemen strategi; pengembangan program dakwah; LDNU Jawa Tengah. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini ialah: 1) untuk mengetahui problematika dalam pengembangan program dakwah pada LDNU Jawa Tengah, 2) untuk mengetahui manajemen strategi dalam pengembangan program dakwah pada LDNU Jawa Tengah, dan 3) untuk mengetahui program-program dakwah unggulan yang dilaksanakan oleh LDNU Jawa Tengah masa khidmat 2018-2024. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data diperoleh dari sumber primer yaitu hasil wawancara kepada ketua, pengurus LDNU Jawa Tengah masa khidmat 2018-2024, dan salah satu pengurus LD PCNU Kabupaten/Kota, serta dari sumber sekunder yaitu berupa buku, jurnal, dan penelitian dahulu yang berkaitan dengan manajemen strategi dalam pengembangan program dakwah pada LDNU Jawa Tengah, serta arsip data-data penting berupa dokumen-dokumen resmi, publikasi foto atau video melalui media sosial dan informasi dari situs website yang terdapat di LDNU Jawa Tengah. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokum entasi. Adapun teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat probematika-problematika dalam pengembangan program dakwah LDNU Jawa Tengah yaitu kaitannya dengan luasnya wilayah, sumber daya manusia, keterbatasan sumber anggaran, kurangnya komunikasi antar lembaga di bawah naungan PWNU Jawa Tengah, masa kepengurusan yang dihadapkan dengan pandemi covid-19, banyaknya pengurus LD PCNU yang kurang aktif, dan tidak dilibatkannya da’iyah dalam strukur kepengurusan. Kemudian dalam proses manajemen strategi, LDNU Jawa Tengah telah menerapkan tahapan-tahapan dengan baik. Pada formulasi strategi yakni dengan melakukan riset lapangan dan merencanakan program yang sesuai kebutuhan masyarakat, pada tahapan implementasi strategi yaitu dengan melihat kebutuhan yang paling mendasar sehingga mampu memunculkan tema-tema baru dan relevan yang akan dikaji dalam setiap pelaksanaan program dakwah, kemudian dalam pelaksanaannya juga turut melibatkan panitia lokal dan menjalankan tugas/jobdesk sesuai arahan dari ketua. Setelah itu yakni tahapan evaluasi strategi yang dilakukan pasca selesainya pelaksanaan program dakwah dan dilakukan juga pada waktu-waktu tertentu. Selanjutnya, terdapat program-program dakwah unggulan LDNU Jawa Tengah masa khidmat 2018-2024, antara lain: program lailatul ijtima’, madrasah da’i, halaqah dakwah an-nahdliyah, cafe Aswaja, dzikru asmaul mauta, dan mengaji kitab secara online pada bulan Ramadhan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Keislaman |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 19:48 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 19:48 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22318 |
Actions (login required)
View Item |