DHOMIRI, AHMAD (2024) Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dan Implikasinya Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka untuk Menumbuhkan Karakter Religius Siswa. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
TESIS AHMAD DHOMIRI.pdf Download (2MB) |
|
Text
TESIS AHMAD DHOMIRI.pdf Download (2MB) |
|
Text
TESIS AHMAD DHOMIRI.pdf Download (2MB) |
|
Text
TESIS AHMAD DHOMIRI.pdf Download (2MB) |
|
Text
TESIS AHMAD DHOMIRI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar Belakangi dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang disandingkan dengan internalisasi nilai-nilai pendidikan islam pada anggotanya dan implikasi yang dihasilkan dalam kegiatan tersebut sampai pada cerminan sikap mental dan karakter yang religius dari para siswanya sehingga selain mendapatkan ilmu yang berkaitan dengan pramuka, anggota juga mendapatkan ilmu yang berkaitan dengan keagamaan yang kemudian dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari dan beberapa kegiatan. adapun nilai-nilai pendidikan islam yang penulis maksud adalah poin yang terdapat dalam dasadharma pramuka. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang dilakukan di MTs NU dan SMPN 2 Salatiga. subyek penelitian ini kamabigus, pembina pramuka serta anggota pramuka di MTS NU dan SMPN 2 Salatiga. penelitian ini dilakukan dengan pendekatan psikologis teknik pengumpulan data melalui observasi,wawancara serta dokumentasi. aktifitas dalam analisa data yaitu reduksi data penyajian data dan kesimpulan. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menemukan proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam dan implikasinya melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka untuk menumbuhkan karakter religius siswa, (2) untuk menemukan implikasi dari proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka, (3) untuk menemukan adanya faktor pendukung dan penghambat internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka untuk menumbuhkan karakter religius siswa Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) internalisasi nilai-nilai pendidikan islam dan implikasinya melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka untuk membentuk karakter religius siswa melalui 3 tahapan yaitu (a) tahap transformasi nilai, (b) tahap transaksi nilai serta (c) tahap transinternalisasi. Dari masing-masing tahapan tersebut terdapat poin nilai pendidikan islam yang terdapat dalam dasa dharma pramuka. (2) Capaian internalisasi nilai yang dapat dilihat melalui implikasi dalam pembelajaran dan pembiasaan dari kegiatan ekstrakurikuler pramuka. (3) Dari capaian tersebut dapat dilihat apakah sembilan nilai tersebut dapat dilihat bahwa internalisasi nilai-nilai pendidikan islam telah berhasil dilakukan, hal tersebut dapat dilihat dari perilaku anggota yang mengalami perubahan dan kemajuan dalam bersikap dan berperilaku. Perubahan tersebut berupa lebih mempunyai rasa empati, tanggungjawab, berani berpendapat karena setiap anggota memiliki hak untuk menentukan pilihan, dapat membangun hubungan yang positif antara satu dengan yang lain sehingga terwujud sebuah karakter yang religius diantara anggota serta transformasi dari yang semula apatis menjadi lebih peduli dan tenggangrasa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 20:38 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 20:38 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22326 |
Actions (login required)
View Item |