Maulana, Muhammad Farchan (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TORUNAMENT (TGT) MENGGUNAKAN MEDIA KARTU UNDIAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TENGARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Skripsi Muhammad Farchan Maulana_23060190034_T.IPA19 (2).pdf Download (8MB) |
|
Text
Skripsi Muhammad Farchan Maulana_23060190034_T.IPA19 (2).pdf Download (8MB) |
Abstract
Maulana, Muhammad Farchan. 2024. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Menggunakan Media Kartu Undian terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas VIII SMP Negeri 1 Tengaran Tahun Pelajaran 2022/2023 . Skripsi. Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Erna Risfaula Kusumawati, M.Si. Kata kunci: Efektivitas, Kooperatif Teams Games Tournament, Kartu Undian, Hasil Belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model kooperatif tipe teams games tournament materi sitem pernapasan manusia terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2022/2023. Hal ini ditentukan dengan hasil rata-rata posttest siswa yang pembelajaran model kooperatif tipe teams games tournament menggunakan kartu undian untuk kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol dengan model kooperatif tipe teams games tournament (model konvensional) pada kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimental dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel yang digunakan 64 siswa yang terdiri dari 2 kelas dengan setiap kelas terdiri dari 32 siswa yaitu siswa kelas VIII F sebagai kelas kontrol dan VIII G sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, observasi dan angket siswa. Instrumen tes berupa soal pretest dan posttest yang telah diuji keabsahannya menggunakan 4 uji yaitu validitas, reliabilitas, daya beda soal, dan taraf kesukaran soal. Hasil data penelitian dianalisis menggunakan bantuan SPSS 22.0 untuk mengetahui uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yang menggunakan independent sample t test. Instrumen nontes menggunakan angket respon siswa berjumlah 20 butir petanyaan. Hasil penelitian menunjukkan t-hitung 2.781 > t-tabel 1,998 di mana t-tabel adalah nilai mutlak. Ho ditolak dan Ha diterima karena nilai signifikansi 0,007 < 0,05. Sementara untuk rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen diperoleh 63,13 dan kelas kontrol rata-rata hasil belajar siswa 49,06, Sehingga model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament efektif terhadap hasil belajar materi sistem pernapasan manusia pada siswa VIII SMP N 1 Tengaran tahun ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 21:08 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 21:08 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22333 |
Actions (login required)
View Item |