Pengaruh Agreeabelness dan Self Control terhadap Kecenderungan Perilaku Bullying Siswa SMP TAQ Sadamiyyah Guyangan Bangsri Jepara

Khusna, Dian Amalia (2024) Pengaruh Agreeabelness dan Self Control terhadap Kecenderungan Perilaku Bullying Siswa SMP TAQ Sadamiyyah Guyangan Bangsri Jepara. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Dian Amalia Khusna 140.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh antara agreeableness terhadap kecenderungan perilaku bullying siswa SMP, (2) Untuk mengetahui pengaruh antara self control terhadap kecenderungan perilaku bullying siswa SMP, (3) Untuk mengetahui pengaruh agreeableness dan self control terhadap kecenderungan perilaku bullying siswa SMP secara bersamaan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausalitas. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner skala likert. Poulasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMP TAQ Sadamiyyah dengan jumlah 140 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Terdapat pengaruh antara agreeableness terhadap kecenderungan perilaku bullying siswa SMP TAQ Sadamiyyah Guyangan Bangsri dibuktikan dengan hasil hipotesis (uji-t) yakni mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0,002<0,05 dan nilai t hitung 3.188>t tabel 2,004, (2) Tedapat pengaruh antara self control terhadap kecenderungan perilaku bullying siswa SMP TAQ Sadamiyyah Guyangan Bangsri Jepara yang dibuktikan dengan hasil hipotesis (uji-t) yakni nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05 dan nilai t hitung 5,059>t tabel 2,004, (3) Terdapat pengaruh secara bersama-sama antara agreeableness dan self control terhadap kecenderungan perilaku bullying siswa SMP TAQ Sadamiyyah Guyangan Bangsri Jepara dibuktikan dengan hasil uji hipotesis (uji F) yaitu nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05 dan nilai F hitung 14,263> F tabel 3,16 dengan nilai R square sebesar 0,342 hal ini menunjukkan bahwa pengaruh agreeableness dan self control terhadap kecenderungan perilaku bullying di kalangan siswa secara simultan sebesar 34,2%. Maka hipotesis tersebut terbukti dan dapat diterima. Sehingga dapat disimpulkan agreeableness dan self control yang siswa miliki dapat mempengaruh kecenderungan perilaku bullying siswa SMP TAQ Sadamiyyah Guyangan Bangsri Jepara.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2024 03:20
Last Modified: 31 Oct 2024 03:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22360

Actions (login required)

View Item View Item