Amalia, Wulan (2024) PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Skripsi Wulan Amalia_43040200020.pdf Download (3MB) |
|
Text
Skripsi Wulan Amalia_43040200020.pdf Download (3MB) |
|
Text
Skripsi Wulan Amalia_43040200020.pdf Download (3MB) |
|
Text
Skripsi Wulan Amalia_43040200020.pdf Download (3MB) |
|
Text
Skripsi Wulan Amalia_43040200020.pdf Download (3MB) |
|
Text
Skripsi Wulan Amalia_43040200020.pdf Download (3MB) |
Abstract
Amalia, Wulan. 2024. Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Salatiga. Tahun 2024. Skripsi, Salatiga: Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Muna Erawati, M. Si. Kata Kunci: kondisi sosial ekonomi keluarga, lingkungan belajar, prestasi belajar Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kondisi sosial ekonomi keluarga dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Salatiga. Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah: 1) Adakah pengaruh secara positif dan signifikan antara kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Salatiga; 2) Adakah pengaruh secara positif dan signifikan antara lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Salatiga; 3) Adakah pengaruh kondisi ekonomi keluarga dan lingkungan belajar secara simultan terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Salatiga. Jenis penelitian yang digunakan adalah kausalitas dengan pendekatan kuantitatif, serta menggunakan teknik analisis data regresi berganda. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 1 Salatiga dengan jumlah 242 siswa dengan sampel sebanyak 65 siswa. Teknik pengambilan sampling menggunakan probability sampling dengan teknik stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan blanko data pribadi siswa, skala lingkungan belajar dan nilai rapor semester ganjil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari kondisi sosial ekonomi keluarga dan lingkungan belajar dengan skor thitung sebesar 2,634 lebih besar daripada skor ttabel sebesar 1,99897 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,011 < 0,05; (2) Tidak terdapat pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar dengan skor thitung sebesar 0,184 < ttabel 1,99897 dengan tingkat signifikansi 0,854 > 0,05; (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kondisi sosial ekonomi keluarga dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar dengan R2 diperoleh hasil sebesar 10,1% prestasi belajar dipengaruhi oleh variabel kondisi sosial ekonomi keluarga dan lingkungan belajar. Sisanya sebesar 89,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang belum diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 01 Nov 2024 01:06 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 01:06 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22429 |
Actions (login required)
View Item |