EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 3 SALATIGA KELAS VII TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Dewi, Syifa Aulia (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 3 SALATIGA KELAS VII TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_SYIFA AULIA DEWI_23070200055_PDF.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI_SYIFA AULIA DEWI_23070200055_PDF.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dewi, Syifa Aulia. 2024. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Aplikasi GeoGebra terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 3 Salatiga Kelas VII Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Saiful Marom, M.Sc. Kata Kunci: Efektivitas, Think Pair Share, GeoGebra, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share berbantuan aplikasi GeoGebra terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP N 3 Salatiga tahun pelajaran 2023/2024. Indikator efektif pada penelitian ini adalah apabila terdapat peningkatan rata – rata hasil belajar peserta didik yang signifikan sebelum dan sesdudah diterapkan suatu model pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bersifat quasi eksperimental dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP N 3 Salatiga tahun pelajaran 2023/2024 dengan sampel peserta didik kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol sebanyak 60 peserta didik. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah Cluster Random Sampling. Metode pengambilan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas yang kemudian dilakukan uji hipotesis menggunakan uji one sample t – test, uji paired sample t – test dan uji N – Gain. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dan berdasarkan pembahasan penelitian, dapat disimpulkan bahwasanya model pembelajaran kooperatif Think Pair Share berbentuan aplikasi GeoGebra efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP N 3 Salatiga Tahun Pelajaran 2023/2024. Pernyataan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang sudah dihitung, uji yang digunakan adalah one sample t – test dan hasil pengambilan keputusan dimana nilai rata – rata hasil belajar matematika peserta didik kelas eksperimen tidak sama dengan 75 atau lebih. Selanjutnya dilakukan analisis menggunakan uji paired sample t – test bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari rata – rata hasil belajar peserta didik sebelum diberikan perlakuan dimana hal tersebut di uji menggunakan pretest dan hasil belajar peserta didik setelah diberikan perlakuan yang diuji menggunakan posttest. Selanjutnya dari uji N – Gain diperoleh hasil bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share berbantuan aplikasi GeoGebra terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMP N 3 Salatiga Tahun Pelajaran 2023/2024 mengalami peningkatan yang signifikan. Kemudian berdasarkan hasil uji independent sample t-test menunjukkan bahwa thitung > ttabel sehingga metode pembelajaran Think Pair Share berbantuan aplikasi GeoGebra efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Salatiga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2024 17:36
Last Modified: 01 Nov 2024 17:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22464

Actions (login required)

View Item View Item