Sholehah, Mar'atus (2024) Pengaruh Terpaan Media Sosial Instagram @ayodolan_wonosobo Terhadap Minat Berkunjung Followers ke Objek Wisata di Kabupaten Wonosobo. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI LEEHAA FIX BGT BGTT.pdf Download (2MB) |
|
Text
SKRIPSI LEEHAA FIX BGT BGTT.pdf Download (2MB) |
|
Text
SKRIPSI LEEHAA FIX BGT BGTT.pdf Download (2MB) |
Abstract
Sholehah, Mar’atus. 2024. Pengaruh Terpaan Media Sosial Instagram @ayodolan_wonosobo Terhadap Minat Berkunjung Followers ke Objek Wisata di Kabupaten Wonosobo. Skripsi, Salatiga: Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah, Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Dr. Achmad Maimun, M.Ag. Kata Kunci: Terpaan Instagram, Minat Berkunjung, Pariwisata Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terpaan media sosial Instagram @ayodolan_wonosobo terhadap minat berkunjung followers ke objek wisata di Kabupaten Wonosobo dengan rumusan masalah yaitu: 1) Adakah terpaan dari media sosial instagram @ayodolan_wonosobo, 2) Bagaimana minat berkunjung followers ke objek wisata di Kabupaten Wonosobo, 3) Adakah pengaruh media sosial instagram @ayodolan_wonosobo, bagaimana minat berkunjung followers ke objek wisata di Kabupaten Wonosobo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan eksplanatif. Dalam penelitian ini teori yang digunakan adalah teori Uses and Gratifications.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang sebarkan secara online melalui direct message (DM). Responden berjumlah 100 orang yang merupakan pengguna aktif Instagram dan merupakan followers akun Instagram @ayodolan_wonosobo. Sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik seperti uji normalitas, uji linieritas dan uji heteroskedastisitas, uji hipotesis seperti uji analisis regresi sederhana, uji T, dan juga uji R. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Terpaan media sosial instagram @ayodolan_wonosobo pada kategori rendah memiliki frekuensi 12%, sedang 69% dan tinggi 19%. 2) Minat berkunjung followers ke objek wisata di Kabupaten Wonosobo pada kategori rendah sebesar 9%, sedang 77%, dan tinggi 14%. 3) Nilai t hitung > t tabel 10.539 > 1.984 sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan dari terpaan sosial media instagram @ayodolan_wonosobo terhadap minat berkunjung followers ke objek wisata di Kabupaten Wonosobo.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu budaya |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 01 Nov 2024 19:16 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 19:16 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22470 |
Actions (login required)
View Item |