utami, Lisa vidia (2024) Penerapan Metode Pembiasaan Untuk Menstimulasi Kemandirian Pada Anak Usia Dini di Kelompok A TK Al-Qur’an Rono Setiko Prampelan Kec Sidorejo Kota Salatiga. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Skripsi revisi Lisa.pdf Download (3MB) |
|
Text
Skripsi revisi Lisa.pdf Download (3MB) |
|
Text
Skripsi revisi Lisa.pdf Download (3MB) |
|
Text
Skripsi revisi Lisa.pdf Download (3MB) |
|
Text
Skripsi revisi Lisa.pdf Download (3MB) |
|
Text
Skripsi revisi Lisa.pdf Download (3MB) |
|
Text
Skripsi revisi Lisa.pdf Download (3MB) |
|
Text
Skripsi revisi Lisa.pdf Download (3MB) |
|
Text
Skripsi revisi Lisa.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Lisa Vidia, Utami . 2024. Penerapan Metode Pembiasaan Untuk Menstimulasi Kemandirian Pada Anak Usia Dini Di Kelompok A TK Al-Qur’an Rono Setiko Prampelan Kota Salatiga. Skripsi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : M. Agung Hidayatulloh, S.S., M.Pd.I. Kata kunci: Metode Pembiasaan, Kemandirian anak, Anak Usia Dini Tujuan penelitian ini adalah: 1.untuk mengetahui bagaiman penerapan metode pembiasaan, 2. untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan metode pembiasaan untuk menstimulasi kemandirian pada anak usia dini di kelompok A TK Al-Qur’an Rono Setiko Prampelan Kota Salatiga.Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dekriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan untuk teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan metode pembiasaan untuk menstimulasi kemandirian pada anak usia dini di kelompok A terdapat bentuk -bentuk pembiasaan yaitu kegiatan rutin, kegiatan spontan, kegiatan keteladanan, dan kegiatan terprogram yang dalam 7 indikator kemandirian. Dapat diketahui bahwa kemandirian pada ana usia dini di kelompok A sudah berkembang dengan baik dari kemampuan fisik, percaya diri, bertanggung jawab, disiplin, pandai bergaul, saling berbagi dan mengendalikan emosi yang dimana dalam penerapannya dilakukan dengan tahapan pembelajaran yaitu kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Faktor pendukung yaitu anak (intenal), guru (eksternal karena termasuk dalam kualitas informasi yang tersedia bagi anak dan orang tua), dan teman sebaya ( termasuk eksternal karena berasal dari lingkungan) dan lingkungan (eksternal) serta terdapat faktor penghambat yaitu kurangnya keselarasan pola asuh orang tua dan guru (eksternal yang masuknya dalam pola asuh orang tua). Internal merupakan dari diri anak sedangkan eksternal dari luar diri anak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 01 Nov 2024 20:41 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 20:41 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22481 |
Actions (login required)
View Item |