PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI HAKIKAT MENCINTAI ALLAH SWT, KHAUF, RAJA’, DAN TAWAKAL KEPADA-NYA MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS X TOKR 4 DI SMK NEGERI 1 TENGARAN TAHUN AJARAN 2021/2022

Wijayanti, Deby (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI HAKIKAT MENCINTAI ALLAH SWT, KHAUF, RAJA’, DAN TAWAKAL KEPADA-NYA MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS X TOKR 4 DI SMK NEGERI 1 TENGARAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
DBY 30 OKTO PDF.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Deby, Wijayanti. 2024. Peningkatan Hasil Belajar Materi Hakikat Mencintai Allah SWT, Khauf, Raja’, dan Tawakal kepada-Nya melalaui metode Problem Based Learning dengan media audio visual Pada Siswa Kelas X TOKR 4 di SMK N 1 Tengaran Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Falkutas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program studi S-1 Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Agus Purnomo, M. Eng. Kata Kunci: Hakikat Mencintai Allah, Hasil Belajar, PBL, Media Audio Visual Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi hakikat mencintai Allah SWT, Khauf, Raja’, dan tawakal kepada-Nya melalui metode Problem Based Learning dengan media audio visual pada siswa kelas X TOKR 4 di SMK Negeri 1 Tengaran tahun ajaran 2021/2022. Rendahnya hasil belajar dilatar belakangi beberapa faktor seperti siswa masih sulit memahami pembelajaran, mengaitkan materi dengan pelajaran di kehidupan sehari-hari, guru tidak mengoptimalkan alat peraga atau penggunaan lingkungan belajar, kemudian siswa sudah merasa bosan atau capek dengan pembelajaran kerja praktek/ studi lapangan dan laboratorium. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, dengan empat bagian dalam setiap siklusnya yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan dan observasi, serta refleksi. Subyek penelitian ini adalah 17 siswa kelas X TOKR 4 SMK Negeri 1 Tengaran. Teknik analisis deskriptif dijabarkan dengan membandingkan persentase capaian belajar melalui ketuntasan belajar antara pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya kenaikan ketuntasan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dan media audio visual pada materi Hakikat Mencintai Allah Swt, Khauf, Raja’, dan Tawakal Kepada-Nya pada siswa kelas X TOKR 4 di SMK N 1 Tengaran. Setelah diberikan tindakan mengalami peningkatan pada siklus I meningkat sebanyak 8 peserta didik dengan mencapai KKM, nilai KKM sendiri yaitu 75. Dengan rata-rata nilainya pada siklus I yaitu 73,64% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2024 22:22
Last Modified: 01 Nov 2024 22:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22498

Actions (login required)

View Item View Item