Implementasi Kode Etik Jurnalistik pada Media Online Detikcom di Era Disrupsi Media

Syach, Dwi Rakhman (2024) Implementasi Kode Etik Jurnalistik pada Media Online Detikcom di Era Disrupsi Media. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Dwi Rakhman S_43010190176_Skripsi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Dwi Rakhman S_43010190176_Skripsi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Dwi Rakhman S_43010190176_Skripsi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Dwi Rakhman S_43010190176_Skripsi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kode etik jurnalistik merupakan pedoman penting bagi wartawan dalam menjalankan profesinya. Namun, seiring perkembangan teknologi dan disrupsi media, tantangan dalam menerapkan kode etik semakin kompleks. Media online seperti DetikJateng tumbuh pesat dan menjadi sumber informasi utama bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi Kode Etik Jurnalistik pada media online DetikJateng di era disrupsi media, dan mendeskripsikan faktor-faktor internal dan eksternal yang mendukung dan menghambat implementasi Kode Etik Jurnalistik pada media online DetikJateng Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan desain studi kasus untuk menggali secara mendalam dan komprehensif bagaimana Kode Etik Jurnalistik diterapkan di DetikJateng. teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Menggunakan analisis triangulasi yang menghasilkan temuan yang lebih valid dan kaya, di mana data yang diperoleh dianalisis secara mendalam untuk menemukan pola, kemudian diinterpretasikan dan disajikan dalam berbagai bentuk untuk mendukung kesimpulan penelitian. Penelitian ini menemukan bahwa DetikJateng sudah cukup baik dalam menerapkan kode etik jurnalistik, dengan dua temuan, yaitu. (1) Implementasi kode etik jurnalistik pada proses peliputan berita di DetikJateng di era disrupsi media menunjukan bahwa DetikJateng telah membangun pondasi yang kuat dalam penerapan kode etik, ditandai dengan, Pemahaman yang baik, komitmen terhadap kualitas, tantangan disrupsi media di hadapi dengan tepat, dan komite etik yang berperan penting dalam memastikan kepatuhan terhadap kode etik. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kode etik yaitu, faktor internal: Kesalahan manusia, tekanan kinerja, kurangnya pelatihan, dan budaya organisasi, faktor eksternal: Tekanan komersial, intervensi pihak luar, dan disrupsi media digital.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Bahasa
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2024 02:21
Last Modified: 02 Nov 2024 02:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22502

Actions (login required)

View Item View Item