Kurniawan, Rizky Wahyu (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELECTUALY, REPETTITION (AIR) PADA MATERI EKOLOGI BERBANTUAN MEDIA VIDEO EDUKASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP N 1 AMPEL BOYOLALI 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Skripsi Rizky Wahyu k (052) IPA 2024 (1).pdf Download (4MB) |
|
Text
Skripsi Rizky Wahyu k (052) IPA 2024 (1).pdf Download (4MB) |
|
Text
Skripsi Rizky Wahyu k (052) IPA 2024 (1).pdf Download (4MB) |
|
Text
Skripsi Rizky Wahyu k (052) IPA 2024 (1).pdf Download (4MB) |
|
Text
Skripsi Rizky Wahyu k (052) IPA 2024 (1).pdf Download (4MB) |
|
Text
Skripsi Rizky Wahyu k (052) IPA 2024 (1).pdf Download (4MB) |
|
Text
Skripsi Rizky Wahyu k (052) IPA 2024 (1).pdf Download (4MB) |
|
Text
Skripsi Rizky Wahyu k (052) IPA 2024 (1).pdf Download (4MB) |
|
Text
Skripsi Rizky Wahyu k (052) IPA 2024 (1).pdf Download (4MB) |
|
Text
Skripsi Rizky Wahyu k (052) IPA 2024 (1).pdf Download (4MB) |
|
Text
Skripsi Rizky Wahyu k (052) IPA 2024 (1).pdf Download (4MB) |
|
Text
Skripsi Rizky Wahyu k (052) IPA 2024 (1).pdf Download (4MB) |
|
Text
Skripsi Rizky Wahyu k (052) IPA 2024 (1).pdf Download (4MB) |
Abstract
Kurniawan, Rizky. 2024. Efektivitas Model Pembelajaran Auditory, Intelectualy, Repetition (AIR) pada Materi Ekologi Berbantuan Media Video Edukasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP N 1 Ampel Boyolali 2023/2024. Skripsi. Program studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dr. Khusna Widhyarini, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Efektivitas, Model Auditory, Intelectualy, Repetition, Video edukasi, Hasil Belajar, Ekologi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Auditory, Intelectualy, Repetition (AIR) dengan media video edukasi terhadap hasil belajar materi ekologi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ampel tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian yang dilakukan adalah seluruh peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Ampel Boyolali yang mengambil 2 kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas kontrol. Variabel pada penelitian ini adalah model Auditory, Intelectualy, Repetition (AIR) dengan media video edukasi sebagai variable X dan hasil belajar siswa sebagai variabel Y. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan tes dan nontes. Data tes diambil dari soal pilihan ganda yang diuji keabsahanya dengan uji validitas, reliabilitas, uji tingkat kesukaran, serta uji daya pembeda soal. Metode pengambilan data dalam penelitian ini dengan pre-test dan post-test. Sedangkan dalam uji non tes menggunakan angket responden siswa dan lembar observasi siswa yang telah diuji keabsahaanya. Teknik analisis data penelitian ini adalah uji T-test dengan program SPSS 25.0 yaitu dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan nilai uji hipotesis bahwa Ho ditolak karena thitung > ttabel 9,509 > 2,045 sedangkan Ha diterima. Dengan hal ini dapat disimpulkan bahwa menggunakan model AIR dengan berbantuan video edukasi dapat lebih efektif terhadap hasil belajar siswa dengan materi ekologi pada siswa kelas VII SMP N 1 Ampel Boyolali tahun pelajaran 2023/2024. Hal ini diperkuat dengan uji angket siswa 62,5 % termasuk dengan kategori baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 02 Nov 2024 05:24 |
Last Modified: | 02 Nov 2024 05:24 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22510 |
Actions (login required)
View Item |