Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Motivasi Belajar Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Kegiatan Vokasi Di SMALB Negeri Salatiga

laili, Rizqi intan nur (2024) Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Motivasi Belajar Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Kegiatan Vokasi Di SMALB Negeri Salatiga. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI RIZQI INTAN N L43040200075.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI RIZQI INTAN N L43040200075.pdf

Download (2MB)

Abstract

Laili, Rizqi Intan Nur, 2024. Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Motivasi Belajar Anak Berkebutuhan Khusus dalam Kegiatan Vokasi di SMALB Negeri Salatiga. Tahun 2024. Skripsi. Salatiga : Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dr. Win Listyaningrum Arifin, M.A., M.Pd. Kata Kunci: ABK; dukungan sosial; motivasi belajar; vokasi Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat dukungan sosial anak berkebutuhan khusus dalam kegiatan vokasi di SMALB Negeri Salatiga; (2) mengetahui tingkat motivasi belajar anak berkebutuhan khusus dalam kegiatan vokasi di SMALB Negeri Salatiga; dan (3) mengetahui pengaruh dukungan sosial terhadap motivasi belajar anak berkebutuhan khusus dalam kegiatan vokasi di SMALB Negeri Salatiga. Jenis penelitian yang penulis gunakan yaitu kuantitatif dengan menggunakan pendekatan kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru dan karyawan di SMALB Negeri Salatiga yang berjumlah 30 guru dan karyawan. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan sampling jenuh atau menggunakan seluruh populasi untuk dijadikan subjek penelitian, hal tersebut karena karakteristik responden hanya dimiliki oleh guru dan karyawan di SMALB Negeri Salatiga. Metode pengambilan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan skala likert dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) Tingkat dukungan sosial anak berkebutuhan khusus dalam kegiatan vokasi di SMALB Negeri Salatiga berada pada tingkat sedang dengan presentase 53,33%. Presentase tersebut didapatkan dari uji deskriptif yang terdiri dari nilai mean, defiasi, maksimum, dan minumum (2) Tingkat motivasi belajar anak berkebutuhan khusus dalam kegiatan vokasi di SMALB Negeri Salatiga berada pada tingkat sedang dengan presentase 56,67%. Presentase tersebut didapatkan dari uji deskriptif yang terdiri dari nilai mean, defiasi, maksimum, dan minimum. (3) Dukungan sosial berpengaruh terhadap motivasi belajar anak berkebutuhan khusus dalam kegiatan vokasi di SMALB Negeri Salatiga hal tersebut diketahui dari hasil uji t yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi pengaruh dukungan sosial (x) terhadap motivasi belajar (y) adalah 0,01<0,05 dan nilai t hitung 2.773 > nilai t tabel 2. 052 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh dukungan sosial terhadap motivasi belajar secara signifikan, sehingga hipotesis diterima dan terbukti.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2024 19:18
Last Modified: 02 Nov 2024 19:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22516

Actions (login required)

View Item View Item