naja, sururin (2024) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING DAN MEDIA CANVA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP ISLAM PLUS AT TOHARI TUNTANG KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Skripsi Sururin Naja 23010180186.pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi Sururin Naja 23010180186.pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi Sururin Naja 23010180186.pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi Sururin Naja 23010180186.pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi Sururin Naja 23010180186.pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi Sururin Naja 23010180186.pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi Sururin Naja 23010180186.pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi Sururin Naja 23010180186.pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi Sururin Naja 23010180186.pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi Sururin Naja 23010180186.pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi Sururin Naja 23010180186.pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi Sururin Naja 23010180186.pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi Sururin Naja 23010180186.pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi Sururin Naja 23010180186.pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi Sururin Naja 23010180186.pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi Sururin Naja 23010180186.pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi Sururin Naja 23010180186.pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi Sururin Naja 23010180186.pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi Sururin Naja 23010180186.pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi Sururin Naja 23010180186.pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi Sururin Naja 23010180186.pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi Sururin Naja 23010180186.pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi Sururin Naja 23010180186.pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi Sururin Naja 23010180186.pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi Sururin Naja 23010180186.pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi Sururin Naja 23010180186.pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi Sururin Naja 23010180186.pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi Sururin Naja 23010180186.pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi Sururin Naja 23010180186.pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi Sururin Naja 23010180186.pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi Sururin Naja 23010180186.pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi Sururin Naja 23010180186.pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi Sururin Naja 23010180186.pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi Sururin Naja 23010180186.pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi Sururin Naja 23010180186.pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi Sururin Naja 23010180186.pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi Sururin Naja 23010180186.pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi Sururin Naja 23010180186.pdf Download (5MB) |
Abstract
Naja, Sururin. 2024. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Menggunakan Metode Mind Mapping dan Media Canva pada Peserta Didik Kelas VII di SMP Islam Plus At Tohari Tuntang Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Widyastuti, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, PAI, Metode Mind Mapping, Media Canva Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PAI materi Damaskus: Pusat Peradaban Timur Islam (661-750 M) menggunakan metode mind mapping dan media canva pada peserta didik kelas VII C di SMP Islam Plus At Tohari Tuntang tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penggunaan metode mind mapping dan media canva berhasil meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi Damaskus: Pusat Peradaban Timur Islam di kelas VII C SMP Islam Plus At Tohari Tuntang dibuktikan dengan adanya peningkatan dari pra siklus, siklus I hingga siklus II. Nilai rata-rata kelas meningkat berturut-turut dari pra siklus 52,6, siklus I 72,4, dan siklus II mencapai 83,3. Sedangkan presentase ketuntasan belajar pada pra siklus menunjukkan 30% (8 dari 27 peserta didik) mencapai KKTP, siklus I 59% (16 peserta didik) mencapai KKTP, dan siklus II meningkat menjadi 89% (24 peserta didik) berhasil mencapai KKTP. Kedua, hasil observasi peserta didik dan pendidik juga mengalami peningkatan. Terbukti pada siklus I hasil observasi pendidik memperoleh skor 25 dari skor maksimal 40 dengan presentase 62,5% dan hasil observasi peserta didik memperoleh skor 24 dari skor maksimal 40 dengan presentase 60%. Sedangkan pada siklus II hasil observasi pendidik mendapat skor 35 dari skor maksimal 40 dengan presentase 87,5% dan observasi peserta didik mendapat skor 33 dari skor maksimal 40 dengan presentase 82,5%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 02 Nov 2024 19:33 |
Last Modified: | 02 Nov 2024 19:33 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22517 |
Actions (login required)
View Item |