nisa, Wilda asfiyatin (2024) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP ISLAM PLUS AT TOHARI TUNTANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
sekripsi wilda a nisa 00023.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Nisa, Wilda Asfiyatin. (2024). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Pada Materi Bentuk Aljabar Kelas VII SMP Islam Plus At Tohari Tuntang Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Wulan Izzatul Himmah, M.Pd. Kata Kunci: kooperatif tipe jigsaw, dan berpikir kritis Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran matematika materi bentuk aljabar tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis True Experiment Design (ekperimen murni). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Islam Plus At tohari tuntang tahun pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 96 peserta didik dengan desain penelitian berupa Pretest – Posttest Control Group Desain. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII B dan VII C SMP Islam Plus At-Tohari Tuntang. Instrumen pada penelitian ini menggunakan tes uraian lembar soal pretest-posttest. Dengan teknik analisis data Independent Sampel t Test dan Uji U N-Gain untuk kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: rata-rata posttes kelas experiment (94,80) lebih tinggi dari pada rata-rata posttest kelas kontrol (77,80), dan rata-rata skor N-Gain kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen sebesar 0,86 lebih dari rata-rata peserta didik kelas kontrol sebesar 0,75. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan Lembar Kerrja Peserta Didik (LKPD) efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMP Islam Plus At-Tohari Tuntang tahun pelajaran 2024/2025 pada materi bentuk aljabar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 14:53 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 14:53 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22569 |
Actions (login required)
View Item |