NURAINI, SITI (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA PADA PLATFORM GENIALLY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN BERPANGKAT SISWA KELAS VIII SMP ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
alhamdulillah skripsi usai fix_pdf.pdf Download (7MB) |
|
Text
SITI NURAINI-23070200030pdf.pdf Download (7MB) |
|
Text
SITI NURAINI-23070200030pdf.pdf Download (7MB) |
|
Text
SITI NURAINI-23070200030pdf.pdf Download (7MB) |
|
Text
SITI NURAINI-23070200030pdf.pdf Download (7MB) |
|
Text
SITI NURAINI-23070200030pdf.pdf Download (7MB) |
|
Text
SITI NURAINI-23070200030pdf.pdf Download (7MB) |
|
Text
SITI NURAINI-23070200030pdf.pdf Download (7MB) |
|
Text
SITI NURAINI-23070200030pdf.pdf Download (7MB) |
|
Text
SITI NURAINI-23070200030pdf.pdf Download (7MB) |
|
Text
SITI NURAINI-23070200030pdf.pdf Download (7MB) |
|
Text
SITI NURAINI-23070200030pdf.pdf Download (7MB) |
Abstract
Nuraini, Siti. 2024. Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Ular Tangga pada Platform Genially terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Bilangan Berpangkat Siswa kelas VIII SMP Islam Sudirman Ambarawa Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Wulan Izzatul Himmah, M.Pd. Kata Kunci : Teams Games Tournament (TGT); Media Ular Tangga pada Platform Genially ; Hasil Belajar Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media ular tangga pada platform genially terhadap hasil belajar matematika pada materi bilangan berpangkat siswa kelas VIII SMP Islam Sudirman Ambarawa tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Sudirman Ambarawa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh yang kemudian diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen, yang berjumlah 22 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi tes, angket respon peserta didik dan observasi. Untuk soal tes hasil belajar telah diuji keabsahannya melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya pembeda soal. Kemudian untuk teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan bantuan IBM SPSS Statistics 29 menggunakan uji normalitas dan homogenitas, dilanjutkan uji uji N-Gain Score. One Sample T-Test, dan uji Independent Sample T-Test. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji N-Gain Score menghasilkan nilai rata-rata 78,6% yang termasuk dalam kategori efektif yang berarti bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Sedangkan berdasarkan hasil uji One Sample T-Test pada hasil belajar siswa kelas eksperimen sudah memenuhi KKTP yaitu diperoleh nilai rata-rata 85,56>80. Hal ini juga dibuktikan dengan uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai signifikansi 0,033<0,05 yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada rata-rata nilai hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media ular tangga pada platform genially efektif terhadap hasil belajar matematika pada materi bilangan berpangkat siswa kelas VIII SMP Islam Sudirman Ambarawa tahun pelajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 14:46 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 14:46 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22594 |
Actions (login required)
View Item |